Apakah Anda Sedang Mencari Kepuasan? Temukan Lewat Hal Ini…

Kata Alkitab / 6 April 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Sedang Mencari Kepuasan? Temukan Lewat Hal Ini…

Lori Official Writer
780

Kartunis ternama Walt Kelly yang dikenal lewat komik ‘Pogo’ pernah berkata “Kita sudah bertemu dengan si musuh yaitu diri kita sendiri.”

Kelly mengungkapkan paradoks yang kerap kita jumpai dalam diri kita bahwa segala sesuatu yang kita benci, justru cenderung terjadi. Apa yang cenderung kita lawan, justru akan kita dukung. Kita semua punya kecenderungan untuk mencari kenyamanan diri.

Jika harus memilih antara jalan yang sulit dan jalan yang mudah, hampir pasti kita akan selalu memilih jalan yang mudah.

Memilih gereja pun demikian. Walaupun mudah untuk mempertanyakan alasan gereja yang menyediakan kafe dan layanan antar jemput ke tempat parkir untuk menarik jemaat baru, kita juga terlalu mudah terbuai dengan kenyamanan yang kita rasakan lewat fasilitas tersebut. Sikap kita begitu cepat berubah dari “Aku tak menyukainya” menjadi “aku pantas mendapatkannya”.

Film Wall-E yang diproduksi oleh Pixar berkisah tentang sebuah robot lucu dan berperasaan yang menjadi satu-satunya penghuni bumi yang tersisa. Wall-E adalah salah satu dari ribuan robot yang diproduksi oleh Buy n Large, konglomerasi global yang menguasai pasar di semua industri. Setelah seluruh penghuni bumi mengkonsumsi semua produk Buy n Large, mereka meninggalkan sampah-sampah yang menggunung. Karena sampah-sampah itu mengganggu kenyamanan mereka, sebuah pesawat luar angkasa bernama Axiom membawa mereka dari planet bumi, sembari masalah mereka dibereskan oleh si robot kecil, Wall-E. 

 

Baca Juga: Proses Menyakitkan Hari Ini Menghasilkan Kepuasan di Hari Esok

 

Sementara itu, generasi-generasi manusia berikutnya dibesarkan di atas pesawat Axiom, hingga mereka menyerap budaya konsumerisme yang menjawab setiap kebutuhan mereka.

Jadi, apa yang awalnya kita lawan justru adakalanya kita dukung.

Sebelum kita berubah, kita perlu memahami keadaan kita saat ini. Jika kita ingin memerangi konsumerisme di dunia rohani, kita harus lebih dahulu memerangi diri kita sendiri. Saya yakin kita bisa melakukannya ketika kita jujur mengakui 4 kebenaran ini.

#1 Jujur dengan kegemaran kita akan harta benda

Sebelum mengkritik konsumerisme yang mulai marak di gereja, kita perlu mengenali kecenderungan itu dalam diri kita. Di satu sisi, kitalah yang menciptakan konsumerisme itu, karena sebagai orang percaya, kita adalah gereja itu sendiri. 

Konsumerisme bisa dalam beragam bentuk. Bisa tentang makanan enak, mobil bagus, liburan dan beragam kenyamanan hidup. 

Namun konsumerisme juga tidak hanya terkait dengan produk-produk yang kita konsumsi. Tetapi juga terkait dengan sikap kita. Walaupun mungkin kita merasa sebagai minimalis, tetapi kita masih suka kesal jika antrian terlalu panjang, dilayani dengan buruk, sinyal wifi terlalu lemah, atau makanan yang disajikan sudah dingin. 

 

Baca Juga: Kepuasan Itu Datangnya Dari Rasa Haus dan Lapar Akan Firman Tuhan

 

#2 Kita diciptakan dengan beragam keinginan

Saat Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Dia menempatkan mereka di dalam taman, memberi mereka otoritas atas bumi dan memerintahkan mereka untuk menaklukkan bumi dan berkuasa atasnya (Kejadian 1: 28). 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Buku Misi yang Terabaikan? dari Our Daily Bread
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami