6 Racun yang Sebabkan Rusaknya Kredibilitas Gereja
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 1 April 2022

Kalangan Sendiri

6 Racun yang Sebabkan Rusaknya Kredibilitas Gereja

Lori Official Writer
3233

4. Pemimpin gereja mengikuti keinginan jemaat

Pelayanan setiap pemimpin gereja harusnya digerakkan oleh panggilan yang ia dapatkan dari Tuhan. Jika Tuhan berkehendak untuk dia melayani satu gereja hanya dalam jangka waktu 3 tahun, sudah sepatutnya untuk dia mengikuti arahan tersebut. Kecuali jika di tengah jalan, Tuhan mengubah arah pelayanannya secara tiba-tiba.

Tetapi menjadi keliru ketika pemimpin gereja memilih bertahan hanya karena ingin memenuhi keinginan jemaat. Pemimpin gereja yang digerakkan karena keinginan jemaat kemungkinan akan merasa bahwa pelayanannya jadi beban, hingga lama kelamaan pelayanan tersebut tidak menghasilkan buah yang baik.

 

Baca Juga: 6 Kehidupan Rohani yang Harus Tercermin Dari Sosok Pemimpin Komsel

 

5. Tidak transparan terhadap jemaat

Sebuah komunitas akan berkembang ketika anggota di dalamnya saling terbuka. Bagaimana jika ternyata pemimpin dan jemaat tidak pernah memiliki percakapan yang terbuka? 

Keterbukaan ini memang tidak serta merta disampaikan kepada semua jemaat tanpa mengenal level kerohaniannya. Pendeta bisa saja terbuka dengan lingkaran pemimpin di gereja. Hal ini penting karena gereja dibangun dengan rasa percaya. Sama seperti Yesus yang menyampaikan apa yang segera Ia hadapi dan apa yang perlu mereka persiapkan untuk menyambut hari penyaliban-Nya.

 

6. Memanfaatkan firman Tuhan

Pernahkah Anda mendengar seorang pendeta menyampaikan khotbah tentang persepuluhan? Ada saja pendeta yang berkata, ‘Dengan memberi persepuluhan, maka Tuhan akan mengembalikannya berlipat kali ganda.’ Lagi-lagi, kalimat ini terdengar benar. Tetapi bagi sebagian jemaat yang tidak memahami konteks akan berpikir ‘Wah, kalau yang akan dikembalikan lebih besar ya sudah aku akan memberi persepuluhan bulan ini.’

Sementara Alkitab mengajarkan bahwa memberi persepuluhan bukan tentang apa yang akan kita terima kemudian. Tetapi memberi persepuluhan bicara tentang seberapa taat kita kepada firman Tuhan dan seberapa paham kita tentang konsep hak milik Tuhan.

 

Baca Juga: 7 Cara Supaya Pemimpin Gereja Persiapkan Khotbah Minggu Dengan Maksimal

 

Tujuan gereja tidak seharusnya menyimpang karena kebutuhan-kebutuhan eksternalnya. Sebaliknya, Tuhan memanggil gereja untuk tetap menjalankan panggilannya secara murni yaitu sebagai tempat persekutuan orang-orang kudus dan alat penjangkauan yang efektif di masa ini.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28: 19-20

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami