Jangan Biarkan Anak Berperilaku Seperti Ini, Jika Tidak Mau Dia Tumbuh Menjadi Kejam
Sumber: pexels

Parenting Superbook / 31 March 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Biarkan Anak Berperilaku Seperti Ini, Jika Tidak Mau Dia Tumbuh Menjadi Kejam

Contasia Christie Official Writer
2659

2. Berbohong tanpa penyesalan

Terkadang anak berbohong karena takut dihukum. Tetapi jika mereka berbohong, kemudian memberikan mimik tanpa penyesalan dan dengan ekspresi percaya diri, bisa jadi ada yang salah dengan mereka. Anda perlu mencari tahu mengapa anak berbuat demikian.

Tetapi ketika anak tersebut tertangkap dan mulai marah bahkan histeris, bisa jadi itu merupakan bentuk dari manipulasinya. Bukan karena mereka menyadari kesalahan, tetapi karena kebohongannya terungkap. Sebaiknya Anda membawanya ke psikolog.

 

3. Bullying/ Perundungan

Memang tidak seluruh pelaku bullying bisa jadi orang yang kejam saat dewasa. Orang bisa jadi pem-“ bully” karena beberapa alasan: bisa jadi mereka memerlukan perhatian, menunjukkan kekuatan, pernah melihat kekerasan yang dilakukan oleh orang tuanya, idolanya, dan masih banyak lagi. Apabila anak menghina ataupun mem- bully serta mereka menikmatinya, sebaiknya Anda mulai waspada serta bantu anak kembali ke jalan yang benar.

 

4. Tidak ada kepekaan sosial

Anak- anak ini tidak mudah menunjukkan rasa takut semacam anak- anak mayoritas. Mereka bahkan tidak ketahui apa itu belas kasihan.

Jika anak berkembang dengan kasih sayang dan diberikan dukungan oleh lingkungan dan keluarganya, secara psikologis mereka akan terbentuk dengan baik. Mungkin mereka menjadi orang yang kejam saat dewasa juga minim.

 

Orang tua memiliki tanggung jawab yang sangat besar bukan cuma untuk kesehatan anak tetapi bagaimana anak bisa memandang dunia. SuperParents juga harus peka terhadap perkembangan psikologis mereka, terutama ketika anak tertekan di sekolah karena di- bully ataupun hal yang lain. Bila orang tua menyadari ada keanehan pada anak, segeralah meminta bantuan pada pakarnya.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami