Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka, Saifuddin Ibrahim Dijerat Pasal Berlapis

News / 30 March 2022

Kalangan Sendiri

Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka, Saifuddin Ibrahim Dijerat Pasal Berlapis

Claudia Jessica Official Writer
419

Pendeta Saifuddin Ibrahim resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri karena meminta 300 ayat Alquran dihapus. Kasus ini masuk ke dalam penyidikan dan pihak kepolisian menemukan dugaan pelanggaran pidana dalam kasus tersebut.

“Saat ini yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo seperti yang dikutip dari detik.com pada hari Rabu (30/3/2022).

Dedi menyebut Saifuddin telah ditetapkan sebagai tersangka sejak hari Senin (28/03/2022) lalu.

“(Sudah tersangka) sejak dua hari lalu kalau nggak salah,” pungkas Dedi.

Saifuddin Ibrahin dilaporkan oleh seseorang bernama Rieke Vera Routinsullu atas tuduhan ujaran kebencian dan penistaan agama pada 18 Maret 2022 lalu.

Dalam laporannya, Rieke mempersangkakan Saifuddin dengan pasal berlapis yakni, Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 156a huruf a KUHP.

“Kami berharap kasus ini bisa ditindak tegas, kami sudah bikin laporan di Bareskrim Polri. Kita berharap bahwa laporan ini segera diproses supaya tidak menimbulkan kegaduhan luas di masyarakat,” kata Husin Alwi Shihab selaku saksi pelapor di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/3).

Keberadaan Saifuddin saat ini belum bisa dipastikan. Kendati demikian, polisi menduga Saifuddin berada di Amerika Serikat. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, hingga Federal Bureau Of Investigation (FBI).

“Dugaan keberadaan saudara SI di Amerika Serikat,” ungkap Dedi. 

 

 

BACA JUGA: Karena 300 Ayat Ini, Pendeta Saifuddin Ibrahim Terancam Ditangkap! PGI Beri Tanggapan

 

Terjerat Kasus Penistaan Agama, Ini 5 Fakta Soal Pendeta Saifuddin Ibrahim

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami