Muncul Istilah Generasi Geprek dan Generasi Strawberry, Apa Itu?

Relationship / 30 March 2022

Kalangan Sendiri

Muncul Istilah Generasi Geprek dan Generasi Strawberry, Apa Itu?

Lori Official Writer
1329

Belakangan ini istilah generasi geprek dan generasi strawberry mulai marak. Kedua istilah ini muncul dari curhatan netizen tentang kondisi hidup yang mereka alami.

Seperti diketahui, generasi geprek sendiri pertama kali muncul dari cuitan netizen tentang ulasan generasi sandwich berpenghasilan 40 juta yang sempat viral beberapa waktu lalu. Tidak berbeda jauh dengan generasi sandwich, generasi geprek ini identik dengan orang berpenghasilan rendah dari kalangan kelas menengah ke bawah dimana pengeluaran yang ditanggung melebihi penghasilan. Bahkan harus kerap menghadapi kondisi minus setiap bulannya.

Sama seperti istilahnya, generasi geprek ini bisa disamakan seperti ayam geprek yang digenjot sampai hancur. Begitulah kondisi kehidupan generasi geprek selain berpenghasilan rendah, mereka juga mengalami tuntutan hidup yang membuat mereka tidak bisa mandiri secara personal maupun finansial.

Kondisi ini kebanyakan dialami oleh generasi millenial berusia 20-an tahun ke atas.

Sementara generasi strawberry memiliki arti sebaliknya, dimana generasi ini memiliki mental yang rapuh dan mudah down. 

Istilah ini sendiri muncul pertama kali ketika seorang mahasiswa berusia 21 tahun curhat tentang kondisi perkuliahan yang dia jalani. Dia menyebut sedang mengalami kondisi mental health karena banyaknya tugas kuliah. Kondisi ini membuatnya tertekan dan butuh cuti dalam beberapa waktu dengan liburan dan menjalani pemulihan. 

Bagi sebagian orang, mahasiswa ini dianggap sebagai generasi muda yang lemah dan tidak memiliki semangat juang. Hal inilah yang menjadi seluk beluk munculnya istilah generasi strawberry.

Namun perlu diketahui bahwa istilah generasi strawberry ini mulai muncul dari negara Taiwan, yang ditujukan kepada generasi muda yang lunak seperti buah strawberry yang tampak luarnya indah dan eksotis, tetapi saat digenjot atau ditekan dia akan hancur.

Sebagaimana disebut oleh Profesor Renald Kasali, bahwa generasi strawberry ini memang memiliki kualitas dan potensi tetapi mudah menyerah dan sakit hati. Uniknya, kebanyakan generasi strawberry ini disandang oleh anak muda kelahiran tahun 2000-an.

 

 

Generasi Geprek dan Generasi Strawberry Dalam Alkitab

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami