Presiden Mendorong Pelaku UMKM Naik Kelas Mendominasi Pasar Digital

News / 29 March 2022

Presiden Mendorong Pelaku UMKM Naik Kelas Mendominasi Pasar Digital

Aprita L Ekanaru Official Writer
255

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah untuk memanfaatkan momentum pandemi untuk mendorong percepatan transformasi digital. Digitalisasi merupakan solusi bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi untuk terus berkembang.

Semakin banyak UMKM yang mengisi pasar digital atau marketplace, semakin cepat UMKM naik kelas. Presiden Jokowi berharap UMKM di Indonesia dapat menjadi bagian dari rantai pasukan nasional dan global. Dengan ini, Presiden Jokowi meminta pemerintah pusat hingga daerah untuk memperbaiki ekosistem UMKM, mulai dari perizinan usaha hingga akses permodalan harus dibuat lebih mudah.

 

BACA JUGA: Patenpreneur: Program Pelatihan dan Pendampingan untuk UMKM, Ini Cara Daftarnya

 

"Saya minta kepada jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah untuk bekerja keras memperbaiki ekosistem usaha, perizinan-perizinan harus terus dipermudah, akses terhadap permodalan juga harus diperluas, inovasi dan teknologi harus terus diperkuat dan produk-produk UMKM kita harus semakin kreatif dan menarik," jelas Presiden Jokowi.

Di tahun ini, Presiden Jokowi memberikan target 20 juta pelaku UMKM akan masuk ke dalam ekosistem digital dan diharapkan tahun-tahun mendatang terus mengalami peningkatan. Demi mewujudkan target ini, Presiden Jokowi menginstrusikan kepada jajaran pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang terlibat menjalankan UMKM. Caranya dengan memberikan pelatihan dan mengenalkan teknologi produksi hingga memanfaatkan teknologi digital.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta pemerintah untuk menuntun basis data tunggal UMKM Indonesia guna mengontrol pengembangan UMKM agar selalu fokus, terarah dan berkelanjutan. Dengan demikian UMKM Indonesia dapat menjadi bagian dari rantai pasokan nasional dan global.

 

BACA JUGA: Jadi Kunci Selamatkan Negara Dari Resesi, UMKM Dapat Banyak Bantuan Loh! Yuk Dimanfaatkan…

 

Begitu juga dengan koperasi, Presiden Jokowi berharap jumlah koperasi modern berbasis digital juga dapat terus mengalami peningkatan. Di tahun ini ada 250 koperasi yang terdaftar, Presiden Jokowi menargetkan di tahun 2023 menjadi 400 koperasi dan diharapkan terus mengalami peningkatan menjadi 500 koperasi di tahun 2024.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami