Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Duduk Di Kantor, Dapatkan Tipsnya Di Sini

Health / 21 March 2022

Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Duduk Di Kantor, Dapatkan Tipsnya Di Sini

Aprita L Ekanaru Official Writer
380

Bekerja seharian dibalik laptop/komputer membuat Anda harus duduk selama berjam-jam setiap hari. Hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Menurut pakar medis dari Mayo Clinic, Edward Laskowski, kita menggunakan lebih sedikit energi saat duduk daripada berdiri atau bergerak.

Dilansir dari Alodokter, duduk terlalu lama dapat menimbulkan beberapa resiko kesehatan seperti, nyeri otot dan atrofi otot, sakit pinggang, perut buncit, Deep Vein Thrombosis (DVT), osteoporosis, kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

"Duduk lama— seperti di meja, di belakang kemudi, atau di depan layar — bisa berbahaya," ucap Laskowski.

Menurut Laskowsi, riset juga membuktikan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam sehari tanpa aktivitas fisik memiliki risiko kematian yang serupa dengan risiko kematian yang ditimbulkan oleh obesitas dan merokok.

Jika Anda adalah seorang yang banyak menghabiskan waktu dibalik layar laptop/komputer di kantor, Anda dapat mengikuti 5 tips yang dapat Anda praktekan dengan mudah di bawah ini:

1. Duduk dengan Menyandarkan Punggung sesuai Kursi Sandaran

Posisi duduk di kantor menjadi lebih baik dengan menyandarkan punggung sesuai dengan bentuk sandaran kursi. Posisi duduk tersebut mampu membuat tekanan yang ada pada punggung hingga ke pinggang bisa berkurang. Selain itu dapat membuat tubuh tidak terbebebani saat menopang berat badan. Perhatikan juga sandaran kursi Anda, sesuaikan ketinggiannya agar menjadi lebih nyaman.

2. Buat Ketinggian antara Kursi dan Meja Seimbang

Sebagai acuan, pastikan tangan Anda saat mengetik berada di posisi sejajar dengan komputer/laptop yang digunakan. Hal ini sangat penting agar saraf-saraf tangan tak terganggu hingga lengan pun tidak menjadi pegal.

3. Hindari Penggunaan Meja Berlaci

Meja dengan laci memang memiliki banyak fungsi, terutama untuk menyimpan berbagai macam barang yang kerap digunakan saat bekerja. Namun laci di meja tersebut juga dapat menjadi penghalang untuk duduk dengan posisi baik dan benar. Efek penggunaan laci menyebabkan resiko lutut yang sering membentur laci, sehingga posisi duduk Anda menjadi kurang nyaman.

4. Hindari Meletakkan Perangkat Komputer Terlalu Jauh

Setelah posisi duduk Anda sudah benar, Anda juga perlu memperhatikan tata letak dari laptop/komputer dan perangkatnya. Perhatikan letaknya, jangan terlalu jauh atau terlampau jauh.

5. Jangan Lupa Lakukan Perenggangan Pada Tubuh

Meskipun posisi duduk Anda sudah benar, jangan lupa untuk melakukan perenggangan, agar aliran darah tetap lancar. Lakukanlah perenggangan ini maksimal 2 jam sekali, lebih sering lebih baik.

Sumber : Kompas dan Alodokter
Halaman :
1

Ikuti Kami