5 Karakter yang Dimiliki Para Pejuang Doa

Kata Alkitab / 18 March 2022

Kalangan Sendiri

5 Karakter yang Dimiliki Para Pejuang Doa

Lori Official Writer
1323

Pejuang doa menggambarkan seorang Kristen yang rindu untuk berdoa. Ada kerinduan besar di dalam hatinya dan terpanggil untuk berdoa dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun.

 

Siapa saja yang disebut pejuang doa?

Kata pejuang biasanya menggambarkan orang-orang yang siap sedia berdiri di garis start untuk menyatakan perang atas berbagai keadaan. 

Bayangkan mereka seperti prajurit militer berseragam lengkap dengan senjata dan lencana. Mereka benar-benar sudah terlatih dan siap maju menghadapi musuh.

Anda bisa memahami gambaran pejuang doa melalui tulisan Rasul Paulus di Efesus 6: 10-13

“Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.”

Paulus menekankan bahwa doa adalah satu-satunya cara untuk memperoleh kemenangan atas pertempuran rohani.

 

Baca Juga:

Apa Itu Doa Syafaat?

Di Tengah Penderitaan Pun, Belajarlah Berdiri Teguh dan Berdoa Bagi Orang Lain

 

5 Karakter Seorang Pejuang Doa

Para pejuang doa memiliki 5 karakter ini:

1. Mereka menyembah, sebagai cara untuk memuliakan Tuhan.  

2. Mereka berpusat pada Tuhan, fokus pada kuasa dan belas kasih-Nya.

3. Mereka berempati, mampu bertemu dan menerima orang lain dimanapun mereka berada.

4. Mereka gigih dalam doa setiap waktu.

5. Mereka dipenuhi dengan kasih sehingga selalu bersedia untuk membantu mewujudkan kehendak Tuhan atas hidup orang lain.

Para pejuang doa juga sangat peka dengan kebutuhan orang lain. Sehingga mereka segera bertindak saat menyadari hal tersebut.

“dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus..” (Efesus 6: 18)

Pejuang doa juga percaya bahwa Tuhan itu murah hati dan setia. Sehingga setiap kali berdoa, mereka percaya Tuhan akan mendengar dan menjawab doa-doanya.

“Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.” (1 Yohanes 5: 14-15)

Pejuang doa juga selalu taat dan tunduk kepada kehendak Tuhan dan mereka kerap berseru dengan rasa kagum dan penuh pengharapan.

“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yakobus 5: 16)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami