Ternyata Beda, Tradisi Paskah Yahudi Rupanya Ikut Sejarah Alkitab Ini Lho...
Sumber: history.com

Kata Alkitab / 13 March 2023

Kalangan Sendiri

Ternyata Beda, Tradisi Paskah Yahudi Rupanya Ikut Sejarah Alkitab Ini Lho...

Lori Official Writer
19674

Bulan depan, kita akan kembali merayakan Paskah, yang tepatnya jatuh pada 17 April 2022 nanti. Di masa-masa prapaskah ini Anda sudah mempersiapkan apa saja sih untuk menyambung Paskah tahun ini?

Bagi saudara-saudari kita yang Katolik, Paskah biasanya dipersiapkan selama 40 hari. Mereka pun mengawalinya dengan Rabu Abu, lalu diikuti dengan puasa selama 40 hari dan misa setiap harinya. Sementara untuk umat Kristen Protestan, Paskah biasanya baru akan mulai disambut sejak Kamis Putih, Jumat Agung dan berakhir di hari puncak perayaannya di hari kebangkitan Yesus.

Perayaan Paskah orang Kristen saat ini memang lebih fokus kepada peringatan kematian dan kebangkitan Yesus saja. Berbeda dengan perayaan Paskah yang diadakan di Israel, tempat asal Yesus sendiri loh.

 

Sejarah Paskah

Kalau kita teliti lagi dari sejarahnya ya, Paskah sebenarnya sudah ada sejak jaman Musa. Nah, bagi orang Yahudi sendiri Paskah adalah hari raya yang paling suci. Kenapa? Karena di momen Paskah (Ibrani: Pesach) lah mereka memperingati kisah keluarnya bangsa Israel dari Mesir (ditulis dalam kitab Keluaran, Bilangan dan Ulangan). Di sana dituliskan bagaimana Musa membawa keluar umat Allah menuju padang gurun dan melakukan perjalanan selama 40 tahun menuju tanah perjanjian Allah yaitu Kanaan (tanah Israel).

Waktu perayaan Paskah tiba, orang-orang Yahudi akan menggelar sebuah festival selama seminggu dan diisi dengan ritual-ritual penting, termasuk menyajikan makanan Paskah tradisional yang disebut dengan Seder, kemudian membersihkan rumah dari segala macam produk makanan beragi, lalu mengumandangkan kisah tentang pembebasan bangsa Israel.

 

Baca Juga: 

#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (1/2)

#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (2/2)

 

Tradisi Paskah

Kalau dalam Kristen atau Katolik, perayaan Paskah sendiri dilakukan untuk tujuan memperingati kematian Yesus. Dan momen ini menjadi penting setelah Natal karena Paskah mengingatkan kita kembali tentang karya penebusan Yesus di kayu salib. Tak ada hal yang terlalu tradisi saat perayaan ini, selain memperingatinya dengan jalan salib, berpuasa dan berdoa.

Berbeda dengan orang Yahudi, yang ternyata memperingati Paskah berdasarkan tradisi yang mereka anut sejak jaman Musa. Beberapa ritual yang mereka persiapkan untuk menyambut Paskah adalah:

1. Pembersihan makanan beragi dari dalam rumah

Salah satu ritual paling penting bagi orang Yahudi saat menyambut Paskah adalah mengeluarkan semua produk makanan yang beragi atau disebut Chametz dari rumah mereka sebelum liburan dimulai. Mereka juga akan puasa memakan makanan beragi selama Paskah.

Jadi selama bulan Paskah ini, orang Yahudi akan menjaul Chametz mereka ke orang-orang non-Yahudi. Mereka akan kembali mengkonsumsinya ketika Paskah sudah berakhir.

 

2. Hanya memakan roti Matzah (matzo)


Untuk mengganti roti beragi, mereka pun memilih roti tak beragi yang disebut matzo. Roti ini juga punya sejarah tersendiri. Menurut cerita, jenis roti inilah yang mereka bawa sebagai bekal ketika keluar dari Mesir.

Roti ini dibuat dengan air dan tepung khusus saja. Tepung dan air diremas, digulung, dilubangi dan dipanggang dalam waktu 18 menit.

 

3. Ritual makan sembari mendengar kisah tokoh Yahudi

Ritual ini disebut dengan Seder Plate. Biasanya keluarga-keluarga Yahudi akan makan bersama di malam pertama Paskah. Selama maka, mereka akan mendengar cerita tokoh-tokoh Yahudi seperti Abraham, Ishak, dan Yakub lalu diakhiri dengan kisah penyelamatan mereka dari Mesir oleh bapa leluhurnya Musa. Bagian terpenting dari makan bersama ini adalah pembacaan kisah tokoh Yahudi, meminum anggur dan memecah-mecahkan roti matzo (matzah) dan membagi-baginya kepada anggota keluarga.

 

Baca Juga:

Bersiap Sambut Paskah dengan 5R!

Bagaimana Malaikat Melihat Paskah?

 

4. Menyediakan piring khusus atau Seder Plate


Bagian penting lainnya dalam Paskah Yahudi adalah menyediakan piring makan khusus. Sementara menu-menu makanannya akan disusun sedemikian rupa sesuai dengan tempatnya. Hidangan yang tersedia terdiri dari roti matzo, ramuan pahit, tulang rusuk domba, campuran buah, kacang dan anggur. Sedang menu khusus lainnya adalah matzo kugel (sejenis puding yang terbuat dari roti matzo dan apel), roti ikan rebus (gefilte), sup ayam dengan roti matzo bola-bola.

Selain ritual-ritual di atas, orang Yahudi juga punya permainan unik di hari Paskah, mirip seperti mencari telur Paskah loh. Biasanya orang Yahudi melakukan permainan afikomen yaitu permainan mencari roti matzo yang disembunyikan di suatu tempat di malam sebelumnya. Biasanya, permainan ini diperuntukkan bagi anak-anak. Mereka yang berhasil menemukan potongan matzo pun akan diberikan hadiah berupa uang.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami