12 Cara Antimainstream yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Dana Darurat (Part 2)

Finance / 16 March 2022

Kalangan Sendiri

12 Cara Antimainstream yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Dana Darurat (Part 2)

Claudia Jessica Official Writer
585

Baca 6 cara antimainstream yang bisa Anda lakukan untuk mengisi dana darurat pada artikel sebelumnya di sini.

 

7. Hiburan di rumah

Alih-alih pergi makan malam bersama dengan teman Anda, sebaiknya lakukan hal tersebut di rumah dengan menu makan malam sederhana. Anda juga bisa melihat apakah ada film atau buku yang dapat Anda nikmati bersama. Anda bisa menikmati permainan yang ada di rumah dengan permainan yang ada seperti bermain kartu, permainan papan atau yang lainnya. Jika Anda tidak memiliki permainan tradisional, Anda bisa mencoba permaian ponsel atau cari permaian yang tidak memerlukan barang melalui youtube atau google. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran hiburan atau makan malam Anda dan masuk ke dalam tabungan darurat.

 

8. Kurangi layanan yang Anda gunakan

Evaluasi paket telepon seluler dan wifi Anda, lihat apakah ada paket yang lebih murah untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika paket wifi Anda lebih mahal dari paket kuota yang ditawarkan provider ponsel Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda haru mempertahankan wifi atau beralih menggunakan kuota.

 

9. Jual Barang yang tidak dipakai namun masih layak

Bersihkan seluruh sudut rumah dan Anda mungkin saja menemukan beberapa barang bagus yang masih layak yang tidak Adna gunakan lagi. Jual barang-barang tersebut melalui situs online maupun membuka bazar dari barang-barang bekas Anda.

 

10. Tentukan bulan tanpa pengeluaran

Sederhananya, Anda hanya membeli kebutuhan Anda, tidak dengan keinginan, ataupun hiburan.

 

11. Masukkan kembalian Anda ke dalam celengan

Cara ini mungkin efektif. Cobalah untuk selalu memasukkan pecahan uang tertentu ke dalam celengan. Misalnya, setiap kali Anda mendapatkan uang Rp 20.000, Anda harus memasukkannya ke dalam celengan Anda. Mungkin Anda akan merasa sedikit terpaksa melakukannya namun Anda akan melihat hasilnya nanti.

 

12. Jangan menghabiskan uang bonus

Simpan kembalian belanja, bonus natal, uang ulang tahun, uang kenaikan gaji, atau uang tambahan apapun.

 

Buatlah permainan menabung bersama seluruh keluarga dan lhat berapa banyak yang dapat Anda kumpulkan dalam waktu satu minggu atau satu bulan. Setelah melakukannya selama beberapa waktu, cobalah untuk mengalahkan rekor terbaik Anda pada periode berikutnya. Tanpa disadari, Anda akan memiliki cukup banyak tabungan untuk mendanai tabungan darurat Anda. Selamat mencoba!

Sumber : crown.org
Halaman :
1

Ikuti Kami