Ternyata Ini Lho Prinsip Marketing yang Alkitab Ajarkan! Yuk Kita Coba
Sumber: unsplash

Finance / 24 October 2023

Kalangan Sendiri

Ternyata Ini Lho Prinsip Marketing yang Alkitab Ajarkan! Yuk Kita Coba

Contasia Christie Official Writer
5473

Apapun membutuhkan marketing! Mungkin Anda bingung dengan pernyataan ini awalnya, namun sebaiknya baca dulu sampai tuntas artikel ini agar Anda pun bisa terbantu. Di era yang serba digital ini, mau tidak mau kita harus bisa me-‘marketing’-kan diri agar orang lain mengetahui kemampuan kita dan kita bisa membantu mereka dengan talenta yang telah Tuhan berikan.

Sama halnya dengan gereja. Ada beberapa gereja yang sudah menyadari bahwa marketing memang dibutuhkan agar gereja mereka mendapatkan jiwa atau dikenal luas. Tapi pastinya ada juga beberapa orang berpikir, “Lho kok gereja melakukan marketing, ini tidak Alkitabiah.” Memang rasanya kontradiktif, namun perlu diingat firman Tuhan sendiri mengajarkan kepada kita untuk menyebarkan Kabar Baik.

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:19-20)

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8)

 

Marketing Alkitabiah

Sebenarnya Alkitab juga mengajarkan kepada kita prisip marketing. Marketing digunakan sebagai alat komunikasi. Seperti yang dijelaskan dalam Roma 10:15, “Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”

Dari ayat ini, kita diajak untuk jadi garam dan terang lewat pekerjaan kita. Lewat pekerjaan dan pelayanan kita, kita juga bisa memberitakan Kabar Baik. Sehingga banyak orang merasakan sukacita, terberkati, dan menerima manfaat.

 

Meneladani gaya marketing Yesus

Yesus adalah seorang marketer yang baik, Dia mampu mengintegrasikan dirinya untuk semua kalangan. Dia bisa mengidentifikasi motivasi dan perilaku orang, berkomunikasi dengan berbagai macam orang dengan cara yang disesuaikan kepada lawan bicaranya. Tapi salah satu cara marketing Yesus yang menarik adalah bagaimana Dia mengajarkan orang dengan perumpamaan atau cerita yang relate dengan kehidupan mereka.

 

Baca selanjutnya →

Yesus menggunakan perumpamaan atau cerita agar bisa menyampaikan pesan secara mendalam. Hal ini memungkinkan audien untuk terlibat dalam cerita. Bukan kebetulan kalau sekarang banyak marketer yang menggunakan cara ini.

 

Marketing dengan melayani

Pemasaran adalah bentuk pelayanan. Ini merupakan pesan yang Anda coba sebarkan ke banyak orang. Marketing hanyalah alat yang Anda gunakan untuk menyampaikan pesan tersebut. Tanpa marketing, orang-orang di komunitas atau di luarnya, tidak akan menyadari pelayanan kita dan apa yang kita kerjakan.

 

Manfaat marketing Alkitabiah

Jelas tujuan pemasaran atau marketing adalah untuk menjangkau lebih banyak orang dan berdampak kepada lebih banyak orang. Dalam gereja sendiri kita bisa belajar,

1. Menyampaikan misi Tuhan lewat talenta yang Tuhan berikan dan kita kembangkan.

2. Memberikan yang terbaik (seperti melayani Tuhan)

3. Mengabarkan Kabar Baik: Lewat menjadi garam dan terang dalam pekerjaan maupun pelayanan kita.

4. Bersaksi: semua orang yang telah merasakan dampak dari pekerjaan dan pelayanan kita, akan dengan sukarela memberikan rekomendasi kepada orang lain.

5. Menghasilkan sumbangan/ penghasilan: Dalam konteks pekerjaan secara profesional, Tuhan telah mengajarkan kepada kita, jika kita bersungguh-sungguh dan tekun maka hasilnya juga maksimal.

 

Siap menggunakan talenta Anda dan memberikan pekerjaan yang terbaik demi kemuliaan nama-Nya? Ayo kita dalami marketing Alkitabiah ini agar kehidupan profesional kita semakin berdampak.

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami