5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki, Sudah Tahu?

Health / 10 March 2022

Kalangan Sendiri

5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki, Sudah Tahu?

Aprita L Ekanaru Official Writer
586

Tahukah Anda, jalan tanpa alas kaki atau sering dikenal dengan istilah grounding memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Bahkan , para ahli kesehatan juga telah menyarankan untuk rutin berjalan tanpa alas kaki dalam pengobatan penyakit tertentu.

 

BACA JUGA: Pantangan yang Harus Dilakukan Setelah Menerima Vaksin Booster

 

Meskipun banyak manfaatnya, berjalan tanpa alas kaki juga memiliki resiko seperti kaki terluka bila menginjak benda tajam.

Melansir Halodoc, Ada beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi Risiko Peradangan

Berjalan tanpa alas kaki membantu menghilangkan radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya peradangan atau inflamasi pada tubuh. Apalagi kalau aktivitas ini dilakukan secara rutin setiap hari, pada pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas. 

 

2. Melancarkan Peredaran Darah

Ketika berjalan tanpa menggunakan alas kaki, Anda menggunakan otot tambahan yang ada di tungkai dan kaki untuk mengirimkan sinyal ke otak sekaligus membantu keseimbangan tubuh. Sama seperti ketika Anda berolahraga, menggunakan otot tambahan ketika berjalan kaki juga membantu meningkatkan peredaran darah. 

 

3. Mendapatkan Manfaat Refleksologi

Kalau Anda berjalan tanpa alas kaki di permukaan jalan yang tidak rata, terjadi rangsangan tambahan di seluruh telapak kaki. Secara tidak langsung, Anda mendapatkan sensasi refleksologi gratis. Metode ini masih dimanfaatkan di daerah Cina, ketika para lansia diminta untuk berjalan di jalan setapak yang penuh dengan batu tanpa alas kaki. 

 

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki membantu mengurangi terjadinya pengentalan atau pembekuan darah pada sel darah merah. Pembekuan darah ini menjadi faktor utama yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung pada seseorang. Dengan begitu, Anda terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular yang terbilang berbahaya ini. 

 

5. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Berjalan di atas permukaan yang tidak rata tanpa alas kaki lebih sering dilakukan oleh orang tua. Katanya, kebiasaan ini membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan kebugaran sekaligus keseimbangan pada tubuh. Ini pastinya lebih menyehatkan daripada berjalan menggunakan alas kaki. 

Meski begitu, Anda juga harus tahu mana permukaan jalan atau tempat yang bisa digunakan untuk berjalan kaki. Pasalnya, jalanan yang rentan dengan kuman memang berisiko masuknya kuman dan bakteri serta jamur ke kaki. Anda juga berisiko menginjak pecahan kaca yang meningkatkan risiko terserang tetanus.

 

BACA JUGA: Olahraga yang Efektif Itu Mudah dan Sederhana. Cukup Dengan Lakukan Hal Ini …

Sumber : Halodoc.com
Halaman :
1

Ikuti Kami