12 Cara Antimainstream yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Dana Darurat (Part 1)

Finance / 9 March 2022

Kalangan Sendiri

12 Cara Antimainstream yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Dana Darurat (Part 1)

Claudia Jessica Official Writer
1216

Salah satu cara terbaik untuk keluar dari masalah hutang adalah dengan memiliki dana tabungan darurat untuk menutupi kebutuhan tak terduga. Dengan cara ini, ketika mobil Anda mogok atau kulkas Anda rusak, maka Anda tidak perlu bergantung pada kartu kredit atau pinjaman bank untuk menutupi pengeluaran.

Namun jika Anda hidup dengan gaji ke gaji setiap bulannya, bagaimana bisa mendapatkan uang tambahan untuk mendanai tabungan darurat ini?

Pertama, Anda harus mulai dengan mengembangkan rencana pengeluaran. Mulailah dengan melacak semua pengeluaran Anda selama 1 bulan terakhir. Jika perlu, simpan setiap struk dan catat setiap pembelian. Tinjau kembali pengeluaran Anda dengan cermat dan cari area yang anggarannya dapat Anda kurangi.

Berikut ini adalah beberapa ide untuk mengurangi pengeluaran Anda untuk mengisi rekening tabungan darurat Anda. Ingatlah bahwa hal ini membutuhkan komitmen dan harus menjadi keputusan permanen. Jika Anda berusaha untuk mengisi dana darurat, mungkin Anda dapat mengurangi melakukan beberapa hal tertentu atau mengubah beberapa kebiasaan konsumtif.

 

1. Periksa kebutuhan “extra” Anda

Mungkin hanya beberapa rupiah untuk pengeluaran ini dan itu, tapi ‘tambahan’ kecil ini benar-benar menambah pengeluaran Anda. Anda suka minum kopi? Cobalah untuk membuat kopi Anda di rumah alih-alih menghabiskan banyak uang untuk secangkir kopi di kedai favorit Anda. Atau mungkin Anda dapat mengganti minuman Anda setiap makan di luar dengan air putih atau membawanya sendiri. Batasi pengeluaran “extra” Anda dan cobalah untuk menyiasatinya dengan hal lain.

 

2. Evaluasi kembali hal-hal yang “penting bagi Anda”

Coba Anda pikirkan tentang produk umum sehari-hari yang Anda gunakan, dan temukan cara untuk menemukan merk yang lebih murah. Misalnya jika Anda biasa pergi ke salon yang mahal untuk memotong rambut, cobalah temukan salon lain yang menawarkan harga yang lebih murah. Anda juga bisa mulai mengurangi perilaku konsumtif Anda seperti yang takut ketinggalan trend, membeli barang branded, dan masih banyak lagi.

 

3. Cari diskon

Periksa toko yang menawarkan diskon untuk kebutuhan dasar Anda. Anda juga bisa mengunjungi toko surplus, atau toko konsinyasi untuk mendapatkan barang kualitas bagus dengan harga yang cenderung lebih murah.

 

4. Belanja dengan cerdas

Anda bisa mulai merencanakan menu makanan Anda dengan toko-toko yang menyediakan kupon. Cari kupon online, dan cari makanan yang tidak mudah busuk untuk disimpan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : crown.org
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami