Pantangan yang Harus Dilakukan Setelah Menerima Vaksin Booster

Health / 9 March 2022

Kalangan Sendiri

Pantangan yang Harus Dilakukan Setelah Menerima Vaksin Booster

Aprita L Ekanaru Official Writer
979

Di pertengahan Januari 2022, Kementrian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit telah menerbitkan surat edaran tentang pemberian vaksin booster.

Vaksin booster adalah suntikan vaksin dosis ketiga yang diberikan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan terhadap virus Covid-19.

 

BACA JUGA: Makanan Terbaik yang Bisa Anda Konsumsi Saat Bergejala Covid-19 Varian Omicron

 

Melansir dari laman resmi Kemenkes, syarat penerima vaksin booster adalah orang yang telah berusia 18 tahun ke atas dan telah memiliki KTP, telah mendapatkan vaksin primer (dosis 1 dan 2) dan dosis ke-2 sudah diterima lebih dari 6 bulan, dan kelompok prioritas: lansia dan kelompok penderita masalah kekebalan tubuh.

Adapun ada hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan atau pantangan setelah Anda menerima vaksin booster Covid-19, sebagai berikut:

1. Merokok dan Minum Alkohol

Hal ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat adanya kemungkinan respon imun terhadap vaksin tidak efektif bila ada kandungan alkohol berlebihan di dalam tubuh. Selain itu, merokok dna minum alkohol juga bisa memperburuk efek samping yang terjadi.

2. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Anda harus menghindari melakukan kegiatan fisik yang berat, seperti mengangkat beban. Beri waktu minimal 2-3 hari setelah Anda menerima vaksin booster sebagai masa pemulihan dari efek samping vaksin booster.

3. Lalai Menjaga Protokol Kesehatan 

Kendati telah mendapatkan vaksin booster, bukan berarti Anda kebal terhadapa virus Covid-19. Vaksin booster hanya mengurangi infeksi virus dan melindungi dari resiko rawat inap, kematian dan penyakit serius akibat terjangkit Covid-19. Jadi menjaga protokol kesehatan harus tetap doiperhatikan.

4. Menunda Menghubungi Dokter

Bila setelah menerima vaksin booster Anda mengalami gejala Covid-19, jangan tunda untuk menghubungi dokter. Vaksinasi membutuhkan waktu untuk mulai bekerja, dan kekebalan tubuh baru akan muncul beberapa minggu setelah vaksin.

Efek samping seperti nyeri pada lengan atau menjadi kelelahan wajar dialami setelah vaksin, dan kondii tersebut dapat pulih setelah beberapa hari. Segera hubungi dokter bila Anda mengalami efek samping yang terlalu parah atau tidak kunjung mereda.

 

BACA JUGA: 7 Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Terinfeksi Omicron

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami