Fakta Alkitab: Inilah yang Terjadi Selama 24 Jam Sebelum Kematian Yesus
Sumber: canva.com

Fakta Alkitab / 8 March 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Inilah yang Terjadi Selama 24 Jam Sebelum Kematian Yesus

Claudia Jessica Official Writer
13379

Dalam hal ini Yesus juga mengalami 3 proses pengadilan menurut hukum Romawi.

- Pertama, Yesus dibawa ke hadapan gubernur Roma, Pilatus, di mana Yesus dituduh melakukan pelanggaran politik. Namun Pilatus tidak menemukan kesalahanNya.

- Setelah mendapati bahwa Yesus berasal dari Galilea, Pilatus mengirimkan Yesus kepada Raja Herodes Antipas yang memerintah daerah Galilea. Namun Herodes kembali tidak mendapati kesalahan pada Yesus, lalu mengirimkanNya kembali kepada Pilatus.

- Terakhir, Pilatus mengadili Yesus di atas kursi pengadilan resmi dan menjatuhkan hukuman mati dengan disalibkan.

Dalam proses pengadilan, Yesus telah menerima banyak penyiksaan, seperti dipukul, diludahi, diolok, pakaianNya ditanggalkan dan kepalaNya dimahkotai duri.

Setelah dijatuhi hukuman mati, Yesus lalu dibawa ke Golgota untuk menjalani hukuman tersebut. Dalam perjalanannya, Yesus melewati Via Dolorosa. Nah JCers, Fakta Alkitab Via Dolorosa dapat kamu saksikan dengan mengklik tombol berikut.

 

BACA JUGA: 8 Hal Ini Sudah Kamu Terima Lewat Kebangkitan Yesus, Sudahkah Kamu Mengimaninya?

 

Disalib dan Mati di Golgota

Golgota menjadi tujuan akhir perjalanan penyiksaan Yesus (Mat. 27:33). Tempat ini berada sedikit di luar tembok kota Yerusalem, di bukit yang disebut Tempat Tengkorak. Para serdadu Romawi menggiring Yesus berjalan keluar dari benteng Antonia ke tempat penyaliban-Nya. Dalam perjalanan, mereka berjumpa dengan Simon dari Kirene dan memaksa Simon untuk memikul salib Yesus pada bahunya.

Sejumlah besar orang mengikuti Yesus dalam perjalanan ke Golgota, di antaranya banyak perempuan yang menangisi dan meratapiNya. Kemudian Yesus disalib dengan dipaku kedua tangan dan kaki-Nya (Yohanes 20:25). Ia mulai digantung di salib sejak sekitar pukul 9 pagi (Markus 15:25). Tetapi sebuah peristiwa tak biasa terjadi, pada pukul 12 siang sampai pukul 3 sore kegelapan melanda daerah itu (Matius 27:45). Diperkirakan Yesus mati di antara pukul 3 sampai 6 sore (Matius 27:50; Markus 15:37; Lukas 23:46; Yohanes 19:30). Pada saat kematian Yesus ini, kitab Matius juga menulis terjadinya sebuah gempa besar dan juga tabir bait suci terbelah dua.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami