Ketika Dunia Takut dan Kehilangan Harapan, Inilah 10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan (Part-2)
Sumber: Insurance Business America

Kata Alkitab / 5 March 2022

Kalangan Sendiri

Ketika Dunia Takut dan Kehilangan Harapan, Inilah 10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan (Part-2)

Claudia Jessica Official Writer
4859

Ingat 5 hal yang telah kita bahas sebelumnya JCers? Nah, kali ini kita akan bahas 5 hal lainnya tentang apa yang dapat kamu lakukn sebagai orang Kristen di tengah ketakutan dunia yang mulai kehilangan harapannya melawan virus corona atau yang dinamai dengan COVID-19.

 

Baca juga: Ketika Dunia Takut dan Kehilangan Harapan, Inilah 10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan (Part-1)

 

06 Jangan Mengisolasi Diri dari Tubuh Kristus

Banyak gereja-gereja membatalkan kebaktian Minggu untuk menghindari ‘perkumpulan’ guna meminimalisir perkembangan virus corona. Namun, hal ini tidak lantas membuat gereja harus berhenti menjadi Tubuh Kristus.

Sekali pun tidak dapat bertemu secara langung di gereja atau dalam kelompok sel, orang Kristen harus tetap saling terhubung dengan sesama orang percaya. Banyak cara yang dapat dilakukan, yaitu: pesan teks, panggilan telepon, dan bahkan sekarang kita juga bisa menggunakan fitur video call.

Bahkan Rasul Paulus sendiri sering dicegah untuk bertemu langsung dengan gereja dan orang percaya. Tapi hal ini tidak lantas menghentikannya. Rasul Paulus menulis kepada sesama orang percaya dan berdoa untuk mereka dari tempat dia berada.

Roma 1: 8-11, 1 Petrus 3: 8.

 

07. Donasi ke Sekolah yang Terkena Shutdown dan Kontribusi untuk Karyawan yang Tidak Bekerja

Shutdown dan karantina sementara memiliki efek yang tidak diinginkan pada stabilitas keuangan keluarga dan kesejahteraan anak-anak di dalamnya.

Dengan sebagian besar sekolah ditutup dan banyak bisnis tutup, banyak orang kehilangan pekerjaan untuk masa yang akan datang, dan banyak orang tua, yang biasanya bekerja, sekarang terpaksa tinggal di rumah untuk merawat anak-anak mereka.

 

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Pengharapan

 

Apa yang bisa dilakukan orang Kristen?

- Jadilah dermawan dan berikan kepada keluarga yang membutuhkan.

- Donasikan uang untuk membantu anak-anak dan mendanai sekolah yang ditutup.

- Bantu tetanggamu yang kesulitan.

1 Yohanes 3:17 "Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?"

Matius 25:40 "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku."

 

08. Jadilah Gereja

Di tengah ketakutan dan ketidakpastian, orang-orang Kristen memiliki kesempatan luar biasa untuk menjadi garam dan terang dunia (Matius 5: 13-16).

Gereja bukanlah soal bangunan namun kita. Kita adalah gereja itu sendiri. Kita adalah bait Allah.  (1 Korintus 6: 19).

Jadilah gereja dan sebarkanlah kasih sayang dan kepedulian komunitas selama musim pencobaan ini. Kesaksian terbesar dari kasih Kristus adalah orang-orang Kristen yang mencintai dunia seperti Kristus (Yohanes 3: 16)

 

09. Lepaskan Kekuatan Doa

Orang Kristen memiliki kekuatan untuk melakukan lebih dari sekadar bereaksi. Sekarang adalah waktunya bagi para pengikut Kristus untuk benar-benar menyerang dan melepaskan kekuatan doa.

- Berdoa untuk kesembuhan bagi yang sakit (Yakobus 5: 14-15)

- Berdoa untuk kekuatan bagi mereka yang tidak sakit (3 Yohanes 1: 2)

- Berdoan untuk ketersediaan (baik finansial dan fisik) (Filipi 4:19)

- Berdoa agar roh perdamaian datang ke dunia (1 Timotius 1: 7)

- Berdoa untuk hikmat bagi mereka yang berkuasa (1 Timotius 2: 1-2)

- Berdoa dalam persatuan dengan orang percaya lainnya (Matius 18:20)

- Berdoa tanpa henti (1 Tesalonika 5: 16-18)

 

Baca juga: Masih Ada Tuhan, Masih Ada Harapan dan Mukjizat

 

10. Tempatkan Harapan dan Kepercayaan pada Raja segala Raja

Sementara coronavirus dapat memengaruhi kesehatan, ekonomi, dan cara hidup kita, kita melayani Tuhan yang lebih besar dan lebih kuat daripada penyakit, ketakutan, kegelapan, atau senjata musuh apa pun, dan Dia memiliki rencana (Yeremia 29: 11). Tuhan kita adalah Penyembuh (Mazmur 30: 2), Penyedia (Filipi 4:19), dan Raja (Mazmur 47: 7).

 

Jadi percaya pada Tuhan, percaya pada kekuatan-Nya, percaya pada rencana-Nya, dan berdiri teguh dalam janji-janji-Nya (Amsal 3: 5-6). Jadilah gereja dan cahaya dan cinta Yesus Kristus ke dunia yang sakit dan ketakutan. Dan ketika kamu juga takut, jangan pernah lupa bahwa menangis untuk malam ini, tetapi teriakan kegembiraan di pagi hari. (Mazmur 30: 6)

Kamu butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami https://bit.ly/InginDidoakan

Kamu butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. https://bit.ly/inginKonseling

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami