Mengapa Orang Kristen Tidak Boleh Makan Daging Pada Saat Rabu Abu?

Kata Alkitab / 2 March 2022

Kalangan Sendiri

Mengapa Orang Kristen Tidak Boleh Makan Daging Pada Saat Rabu Abu?

Claudia Jessica Official Writer
2412

Rabu Abu menandai awal dari masa Prapaskah.

Prapaskah adalah waktu 40 hari menuju paskah yang dilakukan dengan penuh khidmat. Selama masa prapaskah, orang Kristen biasanya akan merenung, berpuasa, dan berdoa sembari menuju pada Sabtu Suci atau Kamis Putih sebelum Minggu Paskah.

Meskipun Rabu Abu diperkaya dengan simbolisme Kristen, sebenarnya Rabu Abu tidak kita temukan sebagai hari raya khusus dalam Alkitab. Dewan Nicea menerapkan periode puasa 40 hari sebelum Paskah, namun hal ini banyak diperdebatkan karena kapan periode ini akan dimulai.

Pada abad kelima, Paus Gregorius memindahkan hari pertama Prapaskah dari hari Minggu ke Rabu Abu.

Meskipun kita tidak bisa menemukan Rabu Abu dalam Perjanjian Baru, kita melihat contoh orang yang menaburkan abu pada diri mereka sendiri sebagai tanda pertobatan dan kesedihan (Ester 4:1, Daniel 9).

Hari ini, Rabu Abu menandakan dimulainya puasa, doa, dan refleksi diri atas dos akita dan kematian Yesus di kayu salib untuk menebus kita.

Ada begitu banyak tradisi Prapaskah termasuk pantangan 40 hari dari makanan tertentu, dan beberapa orang telah mengubah Prapaskah menjadi puasa karena sesuatu yang mengalihkan perhatian mereka dari Tuhan seperti media sosial, menonton tv, bergosip, dan sebagainya.

Namun seperti yang akan dibahas berikut ini, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh orang Kristen dari denominasi yang lebih tradisional.

Apa saja aturan Rabu Abu dan Puasa Prapaskah?

Meskipun beberapa orang Kristen memilih untuk menjadikan Prapaskah sebagai waktu untuk berpuasa dari sesuatu yang mereka yakini telah mendedikasikan terlalu banyak seperti menonton televisi, bermain sosail media, mengonsumsi gula, dan lain sebagainya. Ada beberapa aturan yang lebih digambarkan pada Puasa Prapaskah kategori yang lebih tradisional.

Prapaskah adalah periode waktu yang disisihkan untuk mempersiapkan diri kita untuk menyambut libur paling suci dalam kalender Kristen. Sama seperti kita memiliki musim Adven untuk menyambuh Natal, kita memiliki Prapaskah sebelum Paskah.

Masa Prapaskah juga mengingatkan kita tentang Yesus yang berpuasa selama 40 hari lamanya di padang gurun. Dengan mengecualikan hari Minggu (karena secara teknis, Prapaskah dimulai 40 hari yang dimulai dari Rabu Abu), orang Kristen akan melakukan semacam puasa untuk meningkatkan puasa gurun Yesus (Matius 4).

Berikut ini adalah beberapa aturan yang mungkin berbeda di beberapa denominasi tradisional, namun biasanya dimulai pada Rabu Abu:

- Pada hari Jumat, orang Kristen akan pantang makan daging. Ada beberapa restoran yang menawarkan ikan special pada hari Jumat salaam musim Prapaskah untuk mengakomodasi hal ini. Termasuk dengan sup dan saus yang dibuat dengan produk daging.

- Tergantung tradisi, pantang daging terjadi ketika seseorang mencapai usia 14-18 dan berakhir sekitar 60-70.

- Selama puasa, usia peserta biasanya 18-59 tahun, kecuali mereka yang tidak dapat berpartisipasi karena kondisi kesehatan seperti sakit, hamil, atau mereka yang melakukan pekerjaan kasar.

- Umat Kristen berpuasa pada hari Rabu Abu dan Jumat Agung, artinya mereka hanya makan 1 kali pada hari itu (tanpa daging), tanpa makanan padat lainnya yang dikonsumsi sampai hari berikutnya.

Mengapa orang Kristen pantang daging pada Rabu Abu?

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami