Alasan Kenapa Orang Katolik dan Kristen Merayakan Rabu Abu dan Serba Serbinya
Sumber: catholic for life

Kata Alkitab / 14 February 2024

Kalangan Sendiri

Alasan Kenapa Orang Katolik dan Kristen Merayakan Rabu Abu dan Serba Serbinya

Contasia Christie Official Writer
5657

Yesus mengalahkan maut dan bangkit kembali. Pertama, Ia menampakkan diri kepada Maria Magdalena, lalu kepada para murid, dan kepada lebih dari 500 saksi. Periode antara kebangkitan dan kenaikannya dikenal sebagai Epifani.

Apakah Rabu Abu ini hanya dirayakan oleh umat Katolik Roma?

Saat ini, bukan hanya umat Katolik yang merayakan peristiwa Rabu Abu. Anglikan/Episkopal, Lutheran, Metodis Bersatu dan Protestan lainnya mengambil bagian dalam menerima abu. Secara historis, praktik tersebut belum umum di kalangan evangelis. Dalam kebaktian Rabu Abu yang khas, seorang pendeta akan megatakan; Kejadian 3:19 — “Kamu debu dan kamu akan kembali menjadi debu” — sambil mengoleskan abu berbentuk salib di dahi penerima.

Darimana asal abunya?

Biasanya, abu yang diletakkan di dahi para jemaat berasal dari ranting-ranting yang digunakan dalam kebaktian Minggu Palma tahun sebelumnya, satu minggu sebelum Paskah dan memperingati masuknya Yesus ke Yerusalem.

Kenapa harus abu dan salib?

Abu adalah simbolisme yang mendalam. Rabu Abu bukanlah “hari suci kewajiban” resmi bagi umat Katolik, tetapi merupakan tradisi yang mendarah daging. Abu adalah tanda berkabung dan pertobatan, yang dimaksudkan untuk mengingatkan orang bahwa hidup ini singkat.

Rabu Abu mengingatkan kita akan peristiwa minggu suci. Cabang-cabang palem yang dulu digunakan untuk melindungi kuku keledai dari tanah Yerusalem sekarang dicap di dahi kita dalam bentuk salib. Kita mengingat kematian dan kebangkitan Kristus.

Kapan Rabu Abu ini pertama kali dirayakan?

Umat ​​Kristen awal merayakan Rabu Abu pertama sekitar Abad Pertengahan Awal. Monsinyur Kevin Irwin, seorang spesialis liturgi di Universitas Katolik, mengatakan praktik itu dimulai pada abad ke-10 dan menjadi liturgi resmi pada abad ke-13.

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami