Fakta Alkitab: Persembahan Dapat Menghapus Dosa?
Sumber: JC Channel

Fakta Alkitab / 26 February 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Persembahan Dapat Menghapus Dosa?

Claudia Jessica Official Writer
5493

Persembahan di Gereja

Ada perbedaan dalam memberikan persembahan kepada Tuhan antara zaman Perjanjian Lama dan sekarang. Jika zaman Perjanjian Lama manusia memberikan korban bakaran kepada Tuhan melalui Imam yang ditunjuk Allah dengan hukum yang telah diatur, maka dalam dunia modern hal itu tidak berlaku lagi di kalangan orang percaya. Persembahan yang dulunya hanya boleh dilakukan oleh imam, sekarang sudah boleh dilakukan oleh semua orang.

Meskipun zaman Perjanjian Lama dan sekarang berbeda masa, namun hal ini tidak dapat merusak kepercayaan seseorang kepada Tuhan, terutama dalam memberikan persembahan.

Saat ini, memberikan persembahan sudah termasuk dalam tata cara beribadah dalam gereja. Ajaran dalam memberikan persembahan saat beribadah juga terdapat dalam Alkitab. “Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!” (Mazmur 96:8).

Ada beberapa jenis persembahan yang dilakukan dalam beribadah di gereja:

- Yang pertama, Persembahan Umum. Persembahan ini diberikan secara rutin setiap mengikuti kegiatan ibadah Minggu di gereja. Persembahan ini biasanya diberikan dengan memasukkan uang ke dalam kantung kolekte. Belakangan ini, persembahan umum juga dapat diberikan melalui transfer atau menggunakan e-money.

- Kedua ada Persembahan Khusus. Dasar ayat Firman Tuhan mengenai Persembahan Khusus terdapat dalam Keluaran 35:21, yaitu: “Sesudah itu datanglah setiap orang yang terdorong jiwanya, membawa persembahan khusus kepada TUHAN untuk pekerjaan melengkapi Kemah Pertemuan dan untuk segala ibadah di dalamnya dan untuk pakaian kudus itu.” Persembahan khusus diberikan untuk mendukung tujuan tertentu. Misalnya, untuk pembangunan gereja di desa-desa, misi atau penginjilan, aksi sosial dan lain sebagainya.

- Ketiga ada Persembahan Persepuluhan. Persepuluhan terdiri dari 10 persen penghasilan (khusus mengenai persepuluhan JCers bisa menyaksikan dengan mengklik tombol bagian atas - rujukan FA Persepuluhan). Maleakhi 3:10 menjadi rujukan beberapa golongan gereja dalam memberikan persembahan persepuluhan. Pada umumnya persembahan persepuluhan diberikan sekali dalam sebulan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami