Apa Kata Alkitab Soal Perang? Temukan Jawabannya Dari 10 Pertanyaan Ini…
Sumber: Vox

Kata Alkitab / 26 February 2022

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab Soal Perang? Temukan Jawabannya Dari 10 Pertanyaan Ini…

Lori Official Writer
8853

Alkitab ditulis supaya kita bisa melihat bagaimana Tuhan terlibat di dalam segala aspek hidup orang-orang yang Dia tetapkan. 

Kita bisa menilai dari semua sisi hidup mereka, entah itu baik maupun buruknya. Hal inilah yang membantu kita belajar tentang bagaimana Tuhan memegang kendali atas hidup seseorang maupun negara, kapan harus berperang dan kapan harus menghentikan perang.

3. Apakah Tuhan Suka Dengan Perang?

Tidak! Tuhan sama sekali tidak suka dengan perang. Tuhan mengasihi semua orang, gak peduli dari sisi mana kita berperang. Tuhan gak suka melihat orang-orang yang dikasihi-Nya saling menyakiti.

Alkitab memberi tahu kita bahwa suatu hari nanti Tuhan akan menjadikan bumi yang baru dimana tak akan ada lagi perang. Saat waktu itu tiba, kita tak lagi menyaksikan adanya perang atau senjata atau rasa sakit atau ratap tangis dan bahkan tak lagi ada pertarungan antar binatang. Kita semua akan hidup berdama dalam damai dan kerukunan. 

Tapi untuk saat ini, kita hidup di dunia di mana segala sesuatunya gak sempurna. Ada beberapa hal yang Tuhan izinkan untuk kita lakukan, sekalipun itu bukan hal yang Dia sukai.

 

Baca Juga: Menang Atas Peperangan Anda

 

4. Apakah Tuhan Rindu Kita Mengalami Kebebasan?

Kebebasan adalah salah satu alasan Tuhan membiarkan kita punya kehendak bebas (Free Will). Dia membiarkan kita memilih apakah kita mau mengasihi-Nya atau tidak. Tuhan menginginkan semua orang dan semua negara hidup dalam kebebasan. Tapi Dia memberi kita kebebasan itu untuk memutuskan apakah kita mau menikmati kebebasan sejati dari Dia atau justru kebebasan menurut versi kita sendiri.

Saat seseorang atau suatu negara mendapatkan kebebasannya dan orang lain mencoba untuk merebut kebebasan itu, maka tindakan ini disebut dengan penindasan. Alkitab memberi tahu kita bahwa Tuhan tidak menginginkan kita ditindas. Tuhan mau kita bebas karena itulah Dia mengutus Yesus ke dunia untuk membantu kita bebas dari dosa. Bahkan penebusan Yesus sendiri berlaku bagi sebuah negara yang belum mendapatkan kebebasan di mata dunia.

5. Kenapa Tuhan Membiarkan Perang Terjadi?

Satu-satunya alasan kenapa Tuhan membiarkan perang adalah karena Dia sudah memberikan kita kebebasan untuk memilih apakah kita mau melakukan yang benar atau yang salah. 

Dia memberikan kebebasan kepada semua orang karena Tuhan benci dengan hidup yang terbelenggu. Walaupun seringnya kita memakai kebebasan itu untuk melakukan hal-hal yang salah. Jadi gak heran kalau perang terjadi karena kita salah mengambil pilihan.

Waktu kita serakah dan egois, kita mulai menciptakan pertarungan untuk mendapatkan sesuatu yang bukan milik kita. Seringkali saat hal itu terjadi, orang lain yang melihat kesalahan itu akan mencoba untuk menghentikannya dengan teguran atau obrolan empat mata. Tapi kadang teguran itu tidak mudah kita terima. Dan saat kelakuan kita makin menjadi-jadi, saat itulah kekerasan diperlukan untuk menghentikan tindakan kita. 

Ada banyak negara yang melakukan kekerasan semacam ini dan hal inilah yang disebut dengan perang. Meski begitu Tuhan tetap tidak membenarkan adanya perang.

 

Baca Juga: 10 Senjata Ampuh Dalam Peperangan Rohani Orang Percaya

 

6. Siapa Yang Harus Kita Doakan?

Kita harus berdoa untuk semua orang yang kita kasihi. Tuhan memberi tahu kita bahwa kita bisa menyerahkan semua kekuatiran dan kepedulian kita dihadapan-Nya. Karena Tuhan teramat peduli pada kita.

Saat kita menyerahkan segala kekuatiran dan kepedulian kita kepada Tuhan, gak ada alasan bagi kita untuk takut. 

Kita juga perlu berdoa bagi para pemimpin. Mintalah supaya Tuhan memberi mereka hikmat dan keberanian untuk melakukan hal yang benar. Kita juga harus mendoakan muduh kita dan para pemimpin dan keluarganya. Karena Tuhan mau kita mendoakan mereka supaya mereka tahu tentang kebenaran. 

Kita juga bisa berdoa untuk keluarga dan anak-anak di negara-negara perang sedang terjadi, supaya mereka tetap berada dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : CBN | Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami