Fakta Alkitab: Apa Perbedaan Nazar, Sumpah, dan Janji?
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 1 July 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Apa Perbedaan Nazar, Sumpah, dan Janji?

Claudia Jessica Official Writer
24157

Sumpah

Kata lain yang hampir menyerupai nazar ialah “sumpah”. Sumpah merupakan pernyataan secara resmi yang bersaksi di hadapan atau menyebutkan nama Tuhan, sehingga dikokohkan  kebenarannya. Sumpah diucapkan kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci. Sementara janji merupakan ucapan yang menyatakan kesanggupan untuk berbuat sesuatu.

Lalu apakah orang Kristen diperbolehkan untuk bersumpah? Umat Kristen memang dilarang untuk mengucapkan sumpah dalam segala hal apapun alasannya. Dasar iman mengapa orang Kristen dilarang bersumpah karena Yesus sendiri yang berkata, “Janganlah sekali-kali bersumpah,” yang secara utuh dapat dibaca dalam Injil Matius 5:33-37 dan hal serupa juga ditulis di Yakobus 5:12. Salah satu alasannya adalah karena dalam Kejadian 20:7 dinyatakan, “Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.”

Ayat-ayat yang menyinggung “jangan bersumpah” memiliki keterkaitan dengan sumpah palsu yang merupakan pelanggaran yang serius pada hukum Tuhan. Mengucapkan sumpah palsu dengan menyebut nama Allah adalah dosa terhadap pribadi Allah sendiri. Orang percaya dilarang bersumpah palsu, baik menggunakan nama Allah maupun bentuk kata-kata lainnya.

Dalam Matius 5:37 Yesus berkata “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat”. Yesus merekomendasikan standard yang lebih tinggi kepada murid-muridNya, yaitu perkaataan kita harus bisa dipercaya sehingga tidak perlu untuk bersumpah.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami