10 Cara yang Bisa Orang Tua Lakukan Agar Anak Mau Taat

Parenting / 16 February 2022

Kalangan Sendiri

10 Cara yang Bisa Orang Tua Lakukan Agar Anak Mau Taat

Contasia Christie Official Writer
1252

Penting bagi anak untuk belajar TAAT. Karena hal pertama yang anak perlu pelajari merupakan taat pada perintah Tuhan tanpa bertanya balik pada- Nya dan pastinya keamanan anak.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Mayoritas dari kita nyatanya mengenakan metode 1, 2, 3 kepada anak supaya mereka taat. Misalnya pada saat kita meminta tolong untuk menghabiskan santapan mereka. Anak awal mulanya menolak hingga Anda mengucapkan,“ Ayo habiskan makanannya! Jika tidak, kalian tidak bisa es krim. Satu... 2... 3...” Mengulang perintah dan menakut- nakuti anak semacam itu, justru malah melatih mereka buat tidak taat lho.

Anak yang menunggu hingga kita menaikkan nada suara, ditakut- takuti, serta diberi perintah berulang kali akan terus melakukan hal semacam itu. Ini yang jadi kebiasaan( habit) mereka. Jika kita tahu metode melatih mereka buat taat, kita tidak butuh memarahi mereka.

Hal yang HARUS Dilakukan

Lalu apa yang harus dilakukan? Kita harus melatih anak untuk disiplin dan menghilangkan kebiasaan kita mengulang perintah. Bagaimanapun proses ini butuh kesabaran ya Parents.

1. Duduklah dan bicarakan dengan anak apa yang menjadi masalah mereka.

Jangan dahulukan penghakiman. Bagikan pengertian kepada anak kalau Tuhan Yesus suka dengan anak yang taat kepada orang tua maupun guru. Dan ketika anak menunda- nunda untuk melaksanakan apa yang diminta ataupun diperintahkan, itu namanya tidak taat. Ajarkan bahwa taat itu ketika anak diberikan mandat, langsung dilakukan.

2. Jelaskan dan beri contoh cara yang benar dan salah ketika mereka merespon perintah.

Setelah melewati proses awal, latihlah anak untuk merespon. Ini penting sekali terutama untuk anak kecil. Parents bisa melatihnya dengan cara melakukan ice breaking.

3. Berdoa.

Berdoalah dengan mereka untuk meminta pertolongan Tuhan agar dimampukan menjadi anak yang taat. Lakukanlah secara konsisten.

4. Ajak anak berpikir flashback selama seminggu yang lalu. Apakah mereka sempat tidak taat?

 

Kebiasaan buruk perlu waktu untuk berumah, jadi kita jangan hanya mengharapkan anak secara instan berubah. Tunggulah perubahan mereka sampai kali ke 3 atau 4.

BACA SELANJUTNYA...

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami