Jelang MotoGP Mandalika, Hotel Kebanjiran Pesanan Hingga Pemerintah Bangun 300 Homestay

News / 10 February 2022

Kalangan Sendiri

Jelang MotoGP Mandalika, Hotel Kebanjiran Pesanan Hingga Pemerintah Bangun 300 Homestay

Aprita L Ekanaru Official Writer
1527

Tinggal hitungan bulan, masyarakat baik dalam dan luar negeri sangat antusias untuk menonton ajang balap motor MotoGP Mandalika. Hal ini dibuktikan dengan lonjakan pemesanan kamar hotel yang sangat tinggi. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krestif (Memparekraf) Sandiaga Uno melaporkan, kamar hotel di Mataram nyaris penuh, sehingga banyak masyarakat yang memesan kamar hotel hingga ke Bali. Momen ini membawa angin segar bagi sejumlah pelaku pariwisata di Bali, khususnya kawasan Bali Timur.

"Menurut Asosiasi Hotel Mataram, per tanggal 3 Januari 2021, kamar hotel di Mataram sudah terpesan 90 persen untuk keperluan akomodasi MotoGP 2022," kata Sandiaga di hadapan media, Senin (10/1/2021).

 

BACA JUGA: Tes Pramusim, Kru dan Pembalap MotoGP Tiba di Mandalika Mulai 7 Februari

 

Seperti yang dilansir dalam Kompas.com, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Karangasem, Bali, I Wayan Kariasa, sebanyak 500 kamar hotel sudah dipesan para calon wisatawan. Sebagian besar hotel tersebut berada di Bali Timur. 

"Memang ada permintaan dari beberapa travel agent, khususnya di Bali Timur, dekat dengan Lombok, dekat Padangbai, jadi kemarin kita dapat bookingan dari travel agent yang menjual paket MotoGP. Secara total di daerah Padangbai dan Candidasa itu 500 kamar (hotel), yang di-hold atau di-booking sementara sampai saat ini," ungkap Wayan pada Senin (7/2/2022).

Wayan juga menyampaikan hingga saat ini pemesan kamar sebagian besar didominasi oleh wisatawan Nusantara, sedangkan wisatawan mancanegara masih harus menunggu persiapan mekanisme open border Bali.

Melihat antusiasme ini, Sandiaga mengatakan bahwa pemerintah akan mengupayakan kecukupan akomodasi untuk dapat menampung para penonton. Selain itu, pemerintah juga tengah membangun 300 Homestay yang saat ini sedang diproses untuk mendapatkan sertifikat CHSE.

Sementara itu, Sandiaga memberikan beberapa solusi bagi penonton MotoGP yang tak kebagian hotel di Lombok. Ia mengatakan, penonton dapat menikmati Bobocabin dari Bobobox dan glamping dari Eiger. Bagi yang ingin menikmati pengalaman baru juga bisa menginap di kapal pesiar atau kapal pinisi.

 

BACA JUGA: Sandiaga Uno Tetap Optimis Menggelar MotoGP 2022, Pemerintah Gunakan Skema Travel Bubble

Sumber : Beberapa Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami