Ayo Dukung Pertumbuhan Karakter Kristen Anak Sedari Dini Dengan 3 Cara Ini

Parenting / 8 February 2022

Kalangan Sendiri

Ayo Dukung Pertumbuhan Karakter Kristen Anak Sedari Dini Dengan 3 Cara Ini

Contasia Christie Official Writer
816

Karakter merupakan salah satu faktor terpenting manusia. Orang dengan karakter yang baik akan menciptakan buah yang baik pula kepada lingkungannya. Membangun karater yang baik selagi masih anak-anak yang sesuai dengan nilai- nilai Kristiani itu bukanlah hal mudah. Tema ini adalah bahasan yang penting tetapi seringkali diabaikan bahkan di golongan Kristen sekalipun. Hal ini menyebabkan banyak anak Kristen tidak bertumbuh dalam karakter Kristen yang baik, ataupun merasa bertumbuh padahal tidak.

Karakter Kristen merupakan anugerah dari Tuhan, namun tidak dengan sendirinya bisa bertumbuh, karenanya dibutuhkan kerjasama dan usaha manusia. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama antara orang tua dan gereja agar anak-anaknya memiliki karakter Kristen yang baik. Yang bisa kita lakukan adalah:

1. Memberitakan Injil.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku  dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” Matius 28: 19. Parents sebaiknya memegang ayat ini sebagai pegangan utama mereka saat mendidik anak. Setiap anak adalah sasaran pemberitaan Injil dimana kuasa-Nya akan dinyatakan. Hal ini tidak bisa dilakukan sekali saja, tapi berkali-kali. Karena mereka masih anak-anak, mereka masih mudah dibentuk karakternya agar semakin mencintai Tuhan dan sesamanya.

2. Memelihara Injil yang jatuh di tanah subur.

Pemberitaan Injil bisa mengakibatkan 2 hal, diterima atau ditolak. Jika diterima, parents harus melanjutkan tugasnya untuk memelihara bahkan membangun agar anak-anak ini makin berkembang imannya. Di dalam pertumbuhannya inilah anak akan sedikit demi sedikit belajar mengembangkan karakter-karakter Kristen agar ia bertumbuh menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, Yesus Kristus (Roma 8:29).

3. Prinsip membangun karakter Kristus pada anak.

Milikilah kasih, keadilan, kebijaksanaan, kebajikan, keberanian, dan beberapa hal lain. Kasih dan keadilan yang dilakukan secara benar dan seimbang akan menghasilkan bijaksana. Hasil dari keseimbangan ini akan mendatangkan kuasa yang sangat luar biasa.

 

Bijaksana adalah satu rahasia untuk memberikan keseimbangan antara cinta kasih dan keadilan, dan hasil daripada keseimbangan ini akan memberikan pengaruh yang luar biasa dalam hidup kita. Kebajikan dan keberanian menjadi dasar untuk hidup dan berjuang di dalam masyarakat.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami