Sering Disepelekan, 6 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Soal Sarapan
Sumber: canva.com

Health / 28 July 2022

Kalangan Sendiri

Sering Disepelekan, 6 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Soal Sarapan

Claudia Jessica Official Writer
5407

Tidur selama 8 jam, tubuhmu pun ikut beristirahat.  Namun tidak dengan metabolisme tubuhmu yang tetap bekerja dan membutuhkan nutrisi.

Terburu-buru di pagi hari biasanya menjadi alasan bagi banyak orang melewatkan sarapan. Atau mungkin juga memang terbiasa tidak sarapan atau malas atau bahkan kamu sedang menjalani diet? Padahal sarapan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, lho.

Menurut National Health Service, sarapan bisa mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan juga diabetes. Nah, ketika kita mulai terbiasa untuk sarapan, maka pola makan kamu akan tetap terjaga sehingga pencernaan pun jadi lancar juga.

Berikut ini alasan mengapa sarapan begitu penting.

 

1.    Menambah Energi

Tidur sepanjang malam, membuat kadar gula dalam tubuh menurun. Padahal, gula merupakan sumber energi dan energi hanya didapatkan dari proses pembakaran gula yang di dalam makanan.

 

2.    Membentuk Enzim

Selama kita tidur, enzim pencernaan juga ikut istirahat. Kemudian enzim dapat mencerna makanan yang masuk ke tubuh. Jika enzim berpuasa terlalu lama hingga waktunya makan siang, akan beberapa enzim yang akhirnya tidak bekerja dengan baik. Inilah yang biasanya menyebabkan pencernaan terganggu.

 

3.    Melindungi Dari Penyakit

Sebuah studi yang melibatkan para perempuan yang tidak sarapan mengungkap bahwa kadar kolesterol jahatnya cenderung lebih tinggi dibanding mereka yang sarapan. Berdasarkan studi ini pula dapat disimpulkan bahwa sarapan dapat mengurangi resiko obesitas, diabetes dan penyakit lain akibat kadar kolesterol.

 

4.    Bikin Kamu Jadi Lebih Fokus

Biasanya, orang lapar akan jadi mudah marah. Namun, kebiasaan makan pagi bisa bikin kamu jadi lebih fokus dan produktif lho. Sedangkan kalau kamu tidak sarapan, ada kemungkinan daya pikirmu menurun.

 

5.    Menyehatkan Tubuh

Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

Dari penelitian terhadap 27.000 orang dewasa, ada 27% orang yang tidak pernah sarapan atau mendapatkan sarapan namun tidak teratur. Orang-orang tersebutlah yang menderita penyakit seperti disebutkan di atas.

 

6.    Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Karena jika kamu sudah sarapan, kamu jadi tidak terlalu lapar ketika siang menjelang. Sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Ketika kamu melewatkan sarapan, kamu akan mudah tergoda untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalori namun tidak menyehatkan.

Tapi tidak semua makanan itu sehat lho. Misalnya saja kamu sarapan gorengan, atau makanan cepat saji lainnya.

Lalu, sarapan seperti apa yang dianjurkan?

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, contoh menu sarapan sehat untuk anak sekolah usia 6-12 tahun antara lain:

Setangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu

Nasi goreng + telur dadar + sayuran

Bubur ayam + pisang

Lontong sayur + telur + buah

Nasi uduk + ayam goreng + buah

Mi goreng + telur + buah

Setelah memahami banyaknya manfaat sarapan pagi, ada baiknya kamu hindari pagimu tanpa mengonsumsi makanan bergizi ya. 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami