Parents! Ternyata Ini Alasan Anak Malas Ngobrol dengan Orang Tua dan Cara Mengatasinya

Parenting / 3 February 2022

Kalangan Sendiri

Parents! Ternyata Ini Alasan Anak Malas Ngobrol dengan Orang Tua dan Cara Mengatasinya

Contasia Christie Official Writer
1140

Kenapa ya banyak anak-anak yang lebih suka atau nyaman bercerita dengan teman dekatnya dibandingkan orang tuanya sendiri? Ternyata anak kadang sebal dan tidak suka dengan tanggapan orang tua saat mereka curhat lho! Memang tanggapan seperti apa yang biasanya tidak sengaja orang tua lakukan?

Tanggapan yang DILARANG orang tua lakukan saat anak bercerita

1. Menyindir anak

“Pintar ya, sudah berani bohong sama mama.” Ketika anak melakukan kesalahan, orang tua malah menyindir disertai nada tajam. Hal ini bisa melukai hati anak lho!

2. Meremehkan anak

“Kamu tau apa, masih kecil juga!” Orang tua kadang menganggap anak masih terlalu kecil dan tidak mengerti atau mampu berbuat sesuatu. Jika sering diremehkan, anak bisa rusak harga dirinya lho!

3. Melabel anak

“Dasar penakut!”, “Cengeng amat sih jadi anak!” Labeling seperti ini tidak akan mengubah anak, justru membuat anak menghidupi label itu dan benar-benar menjadi anak yang seperti kita katakan.

4. Menasihati anak dengan panjang lebar

Maksud hari menasihati anak agar bisa lebih baik. Namun kalau terlalu sering apalagi saat anak bercerita dan membutuhkan orang tuanya, justru membuat mereka malas mendengar perkataan Parents.

5. Sering mengancam anak

“Kalau kamu melakukan itu lagi, nanti mama buang mainannya!” Jika terlalu sering melakukan ini, anak menjadi takut pada Parents dan malah jadinya tidak nyaman saat bersama Anda. Bisa juga malah mereka memilih untuk berbohong karena takut saat berbicara jujur dimarahi parents.

BACA SELANJUTNYA...

Sumber : smartparents dan parentalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami