7 Gejala Awal Kanker Ini Perlu Anda Waspadai Karena Mirip Dengan Penyakit Lainnya..
Sumber: canva.com

Health / 3 February 2022

Kalangan Sendiri

7 Gejala Awal Kanker Ini Perlu Anda Waspadai Karena Mirip Dengan Penyakit Lainnya..

Claudia Jessica Official Writer
2279

6. Batuk tak kunjung sembuh

Batuk yang tidak kunjung sembuh patut diwaspadai sebagai gejala awal kanker paru-paru. Jika Anda mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh selama lebih dari 3 minggu yang disertai dengan nyeri dada, penurunan berat badan, suara serak, kelelahan, hingga sesak napas, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

7. Gangguan pencernaan

Beberapa jenis kanker dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah pencernaan. Misalnya seperti kanker kepada atau kanker leher dapat menyebabkan kesulitan menelan saat makan. Selain itu, kanker usus dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, mual, muntah, kembung dan konstipasi.

Jika Anda mengalami gejala awal kanker seperti di atas, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Selain itu, ada baiknya juga Anda melakukan pemeriksaan rutim, terlebih lagi apabila Anda memiliki riwayat kanker seperti mamografi, pap smear, dan pemeriksaan tumor marker.

Selain itu, berusahalah untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, kelola stres dengan baik dan hindari asap rokok.

 

Sumber : alodokter
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami