Siapa yang Akan Kamu Berkati Hari Ini?
Kalangan Sendiri

Siapa yang Akan Kamu Berkati Hari Ini?

Lori Official Writer
      1037

Amsal 22: 9

Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 32; Kisah Para Rasul 4; Keluaran 13-14

Saya baru saja menikah saat saya punya seekor anjing. Kami menamainya Buddy dan dia sangat manis dan ramah.

Kami membuat pintu khusus Buddy supaya dia bisa masuk dan keluar rumah. Suatu hari saya sedang bekerja. Saya mendengar pintu terbuka dan otomatis tertutup ketika Buddy keluar. Dia senang sekali berkeliaran, menggali lubang kecil dan mengawasi sesuatu yang ada di halaman tetangga kami. 

Setelah selesai bekerja, saya pun segera ke ruang tamu. Di sana Buddy sedang menjulurkan kepalanya ke pintu, melihat ke sekitar. Dia melihat saya, lalu segera melompat melalui pintu dan berlari kea rah saya, menjatuhkan seekor burung mati di kaki saya. Dia berdiri di sana berseringai dengan konyolnya, ekornya pun ikut bergoyang-goyang karena bahagia.

Ada dua pikiran bertentangan yang melintas di benakku saat itu. Pertama, seekor burung mati tergeletak di karpet dimana anak-anak saya bermain. Itu sangat menjijikkan. Lalu saya menatap wajah Buddy yang menyeringai. Saya tahu bahwa menyayangi saya. 

Dia membawakan saya sesuatu yang menurutnya akan membuat saya bahagia. Bagaimana saya bisa marah dengan niat baiknya itu?

Saya berlutut, memeluknya erat-erat dan berkata “Anak baik!” Lalu saya memberinya hadiah untuk mengalihkan perhatiannya sebelum mengambil beberapa tissue dan memungut burung ati itu dan membuangnya ke tempat sampah. Saat saya memakai pembersih untuk menggosok lantai tempat burung itu tergeletak, Buddy berdiri di samping saya sambal mengendus-endus burung mati tersebut.

Selama bertahun-tahun, saya sering memikirkan kemurahan hati Buddy. Dia senang membuat saya bahagia, daripada hanya mencari kesenangannya sendiri. Sebagai imbalan, saya selalu memberinya pelukan dan sesuatu yang membuatnya bahagia.

Melalui ayat renungan kita pagi ini, di sana disampaikan bahwa orang yang memiliki hati yang baik akan diberkati. Buddy pergi ke luar untuk mencari sesuatu. Dia menemukan seekor burung mati dan terpikir untuk memberikannya kepada saya. Saat Anda menjalani hari Anda, apakah Anda akan mengambil kesempatan untuk bermurah hati? Adakah satu orang yang ingin Anda berkati hari ini?

Orang-orang baik akan memberi dengan murah hati. Buddy memberi saya apa yang dia dapatkan. Dia tidak menyimpannya untuk dirinya sendiri. Apakah Anda juga bisa melakukannya untuk orang lain di sekitar Anda?

Orang yang baik mau membagikan imannya kepada orang lain. Maukah Anda membagikan kasih Tuhan untuk orang lain juga? Siapa orang yang ingin Anda berikan Alkitab? Pelayanan apa yang bisa Anda berikan, khususnya di momen Tahun Baru Imlek ini, dimana semua orang berkumpul, semua keluarga terdekat datang? Maukah Anda membagikan sebagian dari hidangan yang Anda sajikan untuk Imlek ini kepada tetangga terdekat Anda sehingga mereka turut merasakan sukacita yang Anda rasakan?

Orang baik membagikan waktunya kepada orang lain. Maukah Anda meluangkan beberapa jam dalam sebulan untuk membantu pelayanan kaum tunawisma atau mengunjungi orang-orang tua di panti jompo? 

Bapa kita juga menyampaikan bahwa setiap orang yang berbuat baik akan diberkati karena Anda membagikan apa yang Anda punya kepada orang miskin.

Bisa saja burung mati yang ditemukan Buddy jadi santapan enak untuk dirinya. Tetapi dia memilih untuk memberinya kepada saya. Maukah Anda berbagi roti hari ini dengan orang lain? Siapa yang akan Anda berkat?

Hukumnya tidak akan pernah jauh dari ini, bahwa ketika Anda mau memberkati orang lain, Anda akan diberkati juga dengan caraTuhan yang tidak terduga. Berkat itu tidak selalu dalam bentuk materi seperti uang, tetapi mungkin Tuhan memberkati Anda lewat cara pandang yang berbada. Mungkin Anda diberikan pembelajaran baru tentang menghidupi iman. Mungkin juga berkatnya tidak berwujud seperti diberikan hidup yang penuh dengan kebahagiaan. Apakah Anda ingin mengalaminya?

Hari ini dan juga setiap hari yang Anda lalui, tentukanlah siapapun yang ingin Anda berkati. Dan rasakan sesuatu yang berbeda terjadi dalam hidup Anda!

Tuhan Yesus Memberkati!

 

Hak cipta Tiffany Thibault, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami