5 Cara Orangtua Ajarkan Anak Biar Gak Jadi Penggemar Fanatik
Sumber: Tren Hunter

Relationship / 17 October 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Orangtua Ajarkan Anak Biar Gak Jadi Penggemar Fanatik

Lori Official Writer
3971

3. Tetap Awasi Penggunaan Media Sosial Anak

Setuju atau tidak, hal ini sangat penting. Kenapa? Karena tanda seseorang sudah menjadi fans fanatik adalah ketika seluruh aspek hidupnya sudah tidak lagi bisa dipisahkan dari idola. Mulai dari cara berpakaian, bertindak, bahasan setiap hari hingga kebiasaannya di sosial media. 

Orangtua mungkin bisa memaklumi kelabilan anak remaja dalam bertindak. Tetapi dengan pengawasan, orangtua bisa mencegah anak melakukan tindakan-tindakan yang berlebihan khususnya di sosial media.

Jadi pastikan untuk selalu mengingatkan anak bahwa tindakan sekecil apapun yang mereka lakukan di sosial media akan mempengaruhi pandangan orang lain terhadapnya.

 

4. Ajarkan Anak Untuk Menjadi Diri Mereka Sendiri

Apakah dengan mengidolakan seseorang membuat anak menjadi lebih buruk atau lebih baik? Orangtua perlu mencari tahu hal ini. Jika anak justru termotivasi untuk meniru perjuangan idolanya dalam mencapai kesuksesan, tentunya itu adalah hal yang sangat baik. Tapi bagaimana jika anak justru meniru hal-hal buruk dari sang idola, sederhananya seperti meniru kata-kata jelek. Pastikan untuk mengingatkan anak soal hal itu.

Selain itu, mengidolakan seseorang juga bisa membuat anak berubah menjadi seperti idolanya. Biasanya hal ini banyak membuat anak kehilangan jadi diri yang sebenarnya. Karena itu, orangtua harus meyakinkan bahwa anak juga punya keunikan tersendiri yang tidak harus diubah dengan menjadi orang lain.

Ajarkan anak untuk mengenal dirinya sendiri dan menjadi apa adanya dia.

 

Baca Juga: Dari Idola Jadi Penyembahan Berhala, Orang Kristen Wajib Waspada!

 

5. Ajak Anak Mengeksplorasi Dunia Lain

Jangan biarkan anak hanya hidup di dunia idolanya sendiri, seperti K-Pop atau drakor. 

Orangtua perlu membawa anak mengeksplorasi dunia lain yang bisa membawa mereka semakin tumbuh lebih baik. Misalnya, memperkenalkan anak ke dunia olahraga, seni atau musik.

Ini pentingnya orangtua punya waktu luang bersama anak. Dan memberi mereka kesempatan untuk berkembang.

Semua orangtua harus memahami satu hal ini, bahwa semua orang bisa menjadi fans fanatik seseorang. Dalam hal ini, mereka yang mulai fanatik bisa melakukan apapun demi idolanya. Tidak lebih seperti kasus yang banyak terjadi di tengah para penggemar K-Pop. Dimana penggemar yang satu bisa saling menyerang penggemar yang lain, sampai-sampai mereka tidak peduli jika hal itu merugikan orang lain. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami