Departemen Pembinaan Keluarga BPH GBI Luncurkan Buku Milestone
Sumber: Jawaban.com - Daniel Tanamal

News / 27 January 2022

Kalangan Sendiri

Departemen Pembinaan Keluarga BPH GBI Luncurkan Buku Milestone

daniel.tanamal Official Writer
1574

Departemen Pembinaan Keluarga BPH GBI - Bidang Millenial Family mengadakan acara "Millenial Summit" yang membagikan pengalaman-pengalaman para pasangan muda Kristus yang terdapat dalam pernikahan 0 hingga 15 tahun, dalam format buku bertajuk "Milestone" yang diluncurkan di NDC, APL Tower Central Park, Jl Letjen S Parman Kav 28. Jakarta Barat.

Mengawali peluncuran buku ini, beberapa pendeta senior memberikan pandangan mengenai nilai-nilai pentingnya keluarga, seperti Pdt Niko Njotorahardjo, Pdt Josafat Mesakh, Pdt Juan Mogi, Pdt Ronny Daud Simeon, dan secara langsung oleh Pdt Rubin Adi Abaraham, Pdt Gilbert Lumoindong dan Pdt Jaliaman Sinaga.

Selain itu diangkat juga beberapa data-data yang cukup ironis mengenai profil keluarga di Indonesia, dimana negara ini menduduki tingkat perselingkuhan tertinggi kedua di Asia. Ada 3,9 juta penduduk dengan status cerai hidup. Beberapa data ini sangat perlu dijawab oleh gereja dan keluarga Kristiani, juga terkhusus dijawab dalam buku ini.

Pendeta yang dikenal memiliki perhatian dan pemerhati khusus keluarga dan anak, Pdt Jarot Wijanarko yang menjadi narasumber dalam acara ini mengatakan bahwa perkembangan dan perubahan zaman yang sangat cepat membuat pola hubungan dan komunikasi pun menjadi berbeda. Terutama disaat Pandemi, dimana semua terkonsentrasi dan berada dirumah. Untuk itu Jarot melihat bahwa hubungan keluarga antara pasangan suami istri dan anak-anak, harus terkelola dengan baik komunikasinya terlebih soal relasi, terutama dalam menghadapi serbuan gadget.

"Yang pasti harus pandai menggunakan gadget, tapi satu hal, anak sebelum pegang gadget harus mendapatkan nikmatnya relasi dengan papa mama. ketika anak merasakan nikmatnya relasi, dia akan menggunakan gadget, tapi tidak adiktif. Demikian nantinya dia akan menikmati relasi dengan Tuhan. Mari kita bawa keluarga kita relasi dengan Tuhan, ini pondasinya," katanya.

Sementara itu Ketua BPH GBI Bidang Pembinaan keluarga, Pdt Henky So menyatakan syukurnya atas peluncuran hari ini. "Buku ini mungkin tidak banyak teorinya, tapi lebih banyak prakteknya, bagaimana pasangan-pasangan milenial menceritakan perjalanan keluarga mereka melalui buku ini. Dan saya kira buku ini baik sekali, untuk keluarga-keluarga milenial, karena ditulis dengan bahasa milenial, dengan cara pikir milenial dan sesuai dengan kebutuhan milenial. Tentunya juga ini untuk keluarga-keluarga dari generasi sebelumnya untuk mengerti bagaimana pergumulan dari keluarga milenial itu," ungkapnya. 

Dipenghujung acara Ketua Bidang Keluarga Milenial Pdm Yehuda Soe, mengatakan bahwa Buku Milestone ini salahsatunya bisa menjadi Connecting Generation yang memberikan warisan iman dari generasi ke generasi, membangun hubungan antar generasi, dan menjaring keluarga muda millenial yang takut akan Tuhan. Juga diperkenalkan beberapa program khusus yang memfokuskan diri di Keluarga Muda. "Mari kita bersama-sama, Connecting Generation untuk membangun keluarga-keluarga muda, bukan hanya di GBI, tapi juga di seluruh dunia, supaya semua keluarga-keluarga muda dimenangkan untuk hormat dan kemuliaan Tuhan."

Beberapa penulis dari Buku Milestone ini adalah Pierre Roland, Daniel Ginting, Christofer Tapiheru, Yoseph Tandian, Yehuda So, Julianus Sianipar, Felicia, Angeline Christy, Antonius Sitompul dan beberapa lainnya.

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami