7 Manfaat Tak Terduga Dari Momen Makan Bersama Keluarga

Relationship / 25 January 2022

7 Manfaat Tak Terduga Dari Momen Makan Bersama Keluarga

Lori Official Writer
1744

Tahukah Anda momen makan bersama mungkin merupakan jadi tips parenting terbaik yang bisa diterapkan orangtua di rumah setiap hari.

Menghabiskan waktu satu jam duduk dan makan bersama keluarga rupanya bisa meningkatkan akademik Anda, meningkatkan harga diri mereka dan mengurangi risiko depresi, kenakalan dan masalah anak lainnya lho!

Sebuah riset selama dua dekade terakhir menunjukkan bahwa meluangkan beberapa menit setiap hari, duduk bersama seluruh anggota keluarga, menjauhkan jangkauan dari gadget dan terhubung satu sama lain di meja makan bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental semua anggota keluarga.

Selain itu, terdapat 7 manfaat besar yang bisa didapatkan keluarga lewat momen makan bersama keluarga:

1. Mengajarkan anak kebiasaan makan yang sehat

Sebuah studi baru-baru ini sdi JAMA Network Open menunjukkan bahwa makan bersama anggota keluarga dikaitkan dengan pola makan yang lebih baik secara keseluruhan, terutama di kalangan anak remaja.

Di zaman sekarang ini, dimana aplikasi Gofood atau Grabfood, membuat anak bebas jajan sembarangan yang kurang sehat. Pola makan sembarangan inilah yang bisa jadi penyebab munculnya beragam penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.   

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk memastikan anak tetap menerapkan pola makan yang sehat adalah dengan makan bersama di rumah. 

Menurut hasil penelitian ini, anak remaja yang terbiasa makan bersama keluarga akan cenderung memiliki pola makan yang sehat. Seperti lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. 

 

2. Mencegah masalah psikososial yang serius

Menurut sebuah survei di tahun 2015 oleh peneliti asal Kanada, makan malam bersama keluarga bermanfaat untuk mencegah beragam masalah psikososial seperti masalah gangguan makan, penggunaan zat adiktif dan alkohol, tindak kekerasan, depresi dan gangguan mental pada anak remaja.

Uniknya, kebiasaan makan malam ini dinilai sangat berdampak kepada anak-anak perempuan.

 

Baca Juga: 

Manfaatkan Waktu Makan Bersama untuk Mengerti Anak Anda

Menciptakan Kenangan Manis Keluarga di Meja Makan

 

3. Mencegah obesitas pada anggota keluarga

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Pediatrics menemukan kaitan langsung antara frekuensi makan bersama keluarga di masa remaja dan penurunan kasus obesitas atau masalah berat badan di masa depan, terutama di kalangan anak remaja.

Studi ini menyimpulkan bahwa keluarga harus berusaha untuk mengumpulkan setidaknya satu atau dua kali makan setiap minggu untuk membantu melindungi anak-anak mereka dari masalah obesitas.

 

4. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Duduk bersama di meja makan rupanya bermanfaat untuk membantu anak meningkatkan rasa percaya dirinya. 

Menurut hasil penelitian dari Stanford Children’s Health ini, makan bersama bisa mendorong anak terbuka atas apa yang mereka alami. 

Anak-anak harus diizinkan untuk memilih tempat duduk mereka sendiri dan didorong untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan makan malam, entah itu mengatur meja makan, menyajikan makanan atau mencuci piring setelah makan.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami