Kecelakaan Beruntun di Balikpapan, Waspada Bahayanya Rem Blong

News / 21 January 2022

Kalangan Sendiri

Kecelakaan Beruntun di Balikpapan, Waspada Bahayanya Rem Blong

Aprita L Ekanaru Official Writer
560

Kecelakaan maut terjadi pagi tadi sekitar pukul 6:30 WITA (21/01/22) di turunan wilayah Muara Rapak, Kota Balikpapan. Insiden truk tronton yang mengalami rem blong menabrak beruntun sejumlah pengendara yang sedang berhenti di lampu merah. Diduga truk kontainer ini menabrak sekitar 20 kendaraan roda dua dan roda empat.

"Iya tadi pagi (kejadiannya) jam 5 lebih," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (21/1/2022).

Dari rekaman video yang beredar di media sosial, truk kontainer melaju sangat kencang dari arah belakang menabrak sepeda motor dan mobil.

Menurut laporan sementara yang diterima saat ini, 5 orang dilaporkan meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka ringan.

Kondisi rem blong memang bisa menjadi penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya hingga menghilangkan nyawa. Dilansir dari website Daihatsu, yuk kenali penyebab rem blong dan cara mengatasinya:

1. Piston Rem Rusak

Piston yang bermasalah atau rusak bisa menyebabkannya tidak mampu meneruskan tekanan hidraulis, yang berasal dari pedal lem untuk menekan bagian kampas rem.Hal ini dapat menimbulkan kinerja rem tidak maksimal dan menyebabkan rem menjadi blong.

2. Seal Piston Master Silinder Sobek, Aus atau Rusak

Di dalam bagian piston pada sistem rem, terdapat beberapa komponen salah satunya yaitu seal piston yang terbuat dari minyak rem dan berbahan tahan panas. 

Seal piston ini bertugas mencegah terjadinya kebocoran pada minyak rem, serta berfungsi untuk menarik piston kembali apabila proses pengereman telah terjadi. Seal piston yang sudah tua dan aus atau rusak bisa menjadi penyebab rem blong, karena komponen piston sendiri menjadi tidak bekerja maksimal. 

Hal ini akan berdampak langsung pada rem, di mana keseluruhan sistem pengereman menjadi tidak optimal. Bahkan bisa menyebabkan rem menjadi blong dan sulit untuk mengendalikan kemudi.

3. Minyak Rem Habis

Jika minyak rem habis, maka proses penerusan tenaga pada sistem pengereman, yang dilakukan oleh minyak rem tidak berfungsi maksimal. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus memeriksa kualitas dari minyak rem secara rutin. Jangan sampai minyak rem habis, atau menggunakan kualitas yang kurang baik.

4. Sistem Pengereman Bocor

Apabila pada sistem pengereman mengalami kebocoran, maka hal ini bisa menjadi penyebab rem blong. Masalah ini merupakan yang paling fatal dan berbahaya, sehingga anda wajib untuk waspada. Umumnya kebocoran yang terjadi ada pada master rem, oleh karena itu perawatan mobil secara rutin penting sekali untuk anda lakukan.

5. Vapour lock 

Merupakan kondisi menguapnya minyak rem, akibat dari pengaruh suhu yang terlampau tinggi dan panas. Hal ini bisa membuat rem menjadi blong karena minyak rem akan mendidih, kemudian menimbulkan uap atau gelembung udara pada sistem rem. 

6. Kampas Rem Aus

Tingkat keausan pada kampas rem akan berimbas pada kinerja dari sistem pengereman itu sendiri. Bila kampas rem memiliki tingkat aus yang sudah tinggi, maka bisa menjadi salah satu penyebab rem blong, yang dapat membahayakan nyawa. Sebelum kampas rem menjadi aus, sebaiknya anda melakukan penggantian dengan komponen yang baru di bengkel terdekat. 

Sumber : Beberapa Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami