Penting! Ini 7 Kemampuan Dasar yang Harus Anak Miliki Sejak Dini untuk Masa Depannya

Penting! Ini 7 Kemampuan Dasar yang Harus Anak Miliki Sejak Dini untuk Masa Depannya

Contasia Christie Official Writer
955

Parents, sadar tidak sadar ada beberapa kemampuan yang WAJIB dimiliki oleh anak sebelum mereka beranjak dewasa dan hidup jauh dari rumah. Mumpung mereka masih berada di golden age, ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk mengajarkan kemampuan penting ini. Karena di umur mereka, dengan rasa ingin tahu yang besar, anak bisa menguasai kemampuan bertahan hidup ini dengan cepat.

Berikut ini 7 kemampuan hidup yang wajib anak miliki sebelum beranjak dewasa!

1. Empati

Semua orang diciptakan oleh Tuhan dengan keunikan dan kelebihan masing-masing. Kita sebenarnya saling terkoneksi dan saling bergantung satu dengan yang lain. Oleh karena itu, anak harus dibekali kemampuan untuk berempati, lebih dari bersimpati kepada orang lain.

Empati anak dapat berkembang dengan baik lewat pola asuh yang positif. Kita harus sensitif dan merespon anak kita. Caranya bisa menggunakan validasi dan punya komunikasi yang baik dengan mereka. Jadilah teladan dengan mencontohkan bagaimana berempati pada anak terlebih dulu.

2. Higienitas / perawatan diri

Perawatan diri yang baik adalah salah satu bentuk ungkapan syukur kita kepada Tuhan dan bagaimana kita bisa menjaga tubuh yang sudah Tuhan berikan. Latihlah anak untuk punya waktu tidur yang cukup, makan makanan sehat, membersihkan dirinya, dll.

3. Memelihara rumahnya

Mengurus rumah tidak hanya tugas seorang ibu, tapi seluruh anggota keluarga. Ajarkan anak untuk mengurus rumah agar kelak saat mereka dewasa nanti dan memiliki tempat tinggal sendiri (entah itu kos, kontrakan, rumah pribadi), mereka bisa merawatnya dengan baik. Seperti membetulkan toilet yang rusak, memasang lampu, menyapu, mengepel, mencuci dan menyetrika baju, dll.

4. Belanja kebutuhan sehari-hari dan memasak

Biasanya orang tua yang memiliki anak laki-laki kurang memperhatikan hal ini. Padahal mengolah makanan adalah keterampilan dasar yang HARUS mereka kuasai juga dalam hidupnya untuk bertahan hidup. Dengan terbiasa belanja kebutuhan sehari-hari lalu mengolahnya, saat dewasa mereka bisa lebih mandiri dan hemat.

BACA SELANJUTNYA...

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami