6 Kesalahan Umum yang Sering Kita Lakukan Saat Memasak Nasi

6 Kesalahan Umum yang Sering Kita Lakukan Saat Memasak Nasi

Lori Official Writer
698

Benarkah kebiasaan memasak nasi yang sering kita lakukan setiap hari salah? 

Kebiasaan yang bagaimana yang dimaksudkan salah tersebut?

Yuk temukan jawabannya di 6 poin di bawah ini:

Masalah 1: Bagian Bawah Panci Gosong

Jika Anda menanah nasi di atas tungku api dengan sebuah panci. Pastinya Anda pernah menemukan kondisi dimana bagian paling bawah nasi gosong.

Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti tekanan api yang terlalu tinggi dan penggunaan panci yang tipis.

Supaya kondisi ini tidak terulang, cobalah untuk memeriksa tekanan api yang digunakan. Pastikan untuk menyetel api di level sedang. Hal lainnya bisa dilakukan dengan mengganti panci penanah nasi yang kondisinya lebih baik.

 

Baca Juga: Ini Rahasianya Buat Nasi Pulen Tidak Cepat Basi dan Menguning

 

Masalah 2: Nasi Jadi Lembek atau Keras

Nasi yang lembek atau keras terjadi karena satu faktor yaitu jumlah air yang dimasukkan untuk memasak. 

Jika ingin menghasilkan nasi yang kondisinya baik, pastikan untuk menyesuaikan ukuran nasi dan air yang dibutuhkan. Misalnya jika Anda menanak segelas nasi, maka gunakanlah air sekitar seperempat liter air.

Namun biasanya untuk nasi merah, air yang dibutuhkan dua kali lebih banyak disbanding dengan nasi putih biasa.

 

Masalah 3: Nasi Renyah  

Kesalahan lain yang juga mungkin Anda dapati saat menanak nasi adalah kondisi nasi menjadi kering atau renyah. 

Hal itu terjadi karena ketika nasi yang Anda masak di rice cooker matang, Anda segera membuka penutup rice cooker. Dalam kondisi ini, uap dari dalam rice cooker akan keluar dan menyebabkan nasi kering.

Jika Anda ingin supaya nasi tetap dalam kondisi yang enak, cobalah untuk menaruh handuk atau sejenis kain cotton di bagian atas rice cooker atau panci nasi dan tutup rapat supaya uap tidak menguap keluar.

 

Masalah 4: Nasi Menggumpal

Masalah ini terjadi ketika kita tidak membersihkan nasi terlebih dahulu sebelum memasaknya. Pati gandum yang melekat di bagian kulit beras akan terkelupas dan membentuk bubuk halus. Bubuk tepung inilah yang akan menyebabkan gumpalan ketika bersentuhan dengan air. 

Karena itu sebelum menanak nasi, biasakan untuk mencuci beras dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak atau mentega ke panci untuk mencegah nasi lengket di permukaan panci.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami