Sandiaga Uno Tetap Optimis Menggelar MotoGP 2022, Pemerintah Gunakan Skema Travel Bubble
Sumber: https://www.bbc.com/

News / 18 January 2022

Kalangan Sendiri

Sandiaga Uno Tetap Optimis Menggelar MotoGP 2022, Pemerintah Gunakan Skema Travel Bubble

Aprita L Ekanaru Official Writer
1430

Peningkatan penyebaran Covid-19 varian Omicron yang terus bertambah dari bulan Desember 2021 menjadi kekhawatiran beberapa pihak di tengah persiapan penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Carmelo Ezpeleta CEO dari Dorna Sports sempat mengatakan bahwa balapan MotoGP di suatu negara bisa saja dibatalkan apabila diwajibkan untuk menjalani karantina. 

Menanggapi hal tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan tidak ada pihak yang bisa mengancam agar perhelatan MotoGP dibatalkan. 

"Kita tidak akan terima jika kita diancam satu dan lain hal," ucap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (17/01/2022).

Menurut Sandiaga, pengendalian Covid-19 di Indonesia sudah menggunakan cara terbaik dan bahkan menjadi contoh penanganan pandemi bagi banyak negara. 

"Indonesia adalah negara hukum yang sudah menerapkan pengendalian pandemi Covid-19 sesuai kaidah terbaik. Kita sudah menjadi best practice," ungkapnya.

 

BACA JUGA: Sambut MotoGP Mandalika Maret 2022, Pemerintah Adakan Tinjauan Persiapan

 

Dalam hal ini pemerintah menggunakan skema travel bubble untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang akan menghadiri perhelatan Internasional MotoGP Mandalika dan G20.

Apa itu travel bubble?

Travel bubble merupakan kesepakatan yang dibuat antara dua atau lebih negara untuk mengontrol dan memutus penyebaran Covid-19 dengan memberikan batasan tertentu pada perjalanan lintas negara dengan menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan.

Gelembung ini akan memudahkan perjalanan lintas negara secara bebas dan menghindari kewajiban karantina mandiri. Langkah tersebut tentunya akan memudahkan para traveller untuk melintasi perbatasan dengan kerumitan minimum.

"Yang sekarang sedang dikembangkan adalah travel bubble. Skema ini diterapkan secara menyeluruh, yang ada pada periode karantina berlaku untuk kru, pebalap, dan official MotoGP," tegas Sandiaga.

Sandiaga juga mengatakan bahwa perkiraan puncak kasus Omicron yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin pada rapat terbatas adalah sekitar pertengahan Februari hingga awal Maret 2022. Adapun MotoGP diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022. 

"Jadi kami berharap mudah-mudahan saat perhelatan (MotoGP) tanggal 18-20 Maret kita sudah melewati puncak Omicron," tutur Sandiaga.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami