Perselingkuhan Emosional Jarang Disadari! Cek 9 Tanda Ini & Pastikan Apakah Anda... (1/2)

Perselingkuhan Emosional Jarang Disadari! Cek 9 Tanda Ini & Pastikan Apakah Anda... (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
1028

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan” – Ibrani 13:4 a

Urusan emosional kini menjadi permasalahan yang lebih umum. Ada tempat yang intim di hati kita yang mana hanya diketahui oleh diri kita sendiri dan Tuhan.

Secara budaya, banyak pernikahan yang berantakan karena kurangnya batasan yang tidak jelas antara teman lewan jenis. Jim Daly (kepala Focus on the Family, sebuah pelayanan komunikasi Kristen internasional yang berbasis di Colorado Springs, Colorado) mengaitkan kebangkitan teknologi, lingkungan kerja yang unik untuk generasi saat ini, dan budaya yang berubah cepat berkontribusi pada “kebingungan moral.”

 

Apa itu perselingkuhan emosional dan mengapa hal tersebut salah?

Ibrani 13:4 berbunyi, “Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

Salah satu perilaku perselingkuhan emosional adalah persahabatan yang tidak memiliki batas sesuai bagi mereka yang telah menjalin hubungan atau pernikahan.

Dilansir dari crosswalk.com, secara statistik, setengah dari “persahabatan” berubah menjadi hubungan fisik yang berlebihan. “Hampir semua penelitian memberitahu kita bahwa perselingkuhan terjadi ketika persahabatan memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi dalam pernikahan,” tulis Mike dari Trisha Fox.

Firman Tuhan memisahkan percabulan dan perzinahan. Mike melanjutkan tulisannya, “Alkitab sangat jelas menuliskan bahwa perzinahan TIDAK selalu bersifat seksual. Faktanya, tindakan seksual dan fisik hanya menjadi perzinahan aktif, bukti dari ketidaksetiaan, dan perselingkuhan.”

Matius 5:28 memperingatkan kita, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.”

Konselor keluarga dari Focus on the family melaporkan, “Perselingkuhan emosional sering kali dimulai ketika hari seseorang mendambakan perhatian.”

“Munculnya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, peluangnya ada di mana-mana,” tulis Ben Wilson.

“Perselingkuhan emosional terjadi ketika orang yang sudah menikah berbagi keintiman emosional yang berkelanjutan dengan seseorang yang bukan pasangannya, dengan cara yang merusak hubungan pernikahan.” Tulis penulis Koalisi Injil Ellen Mary Dykas menulis.

Berikut adalah 9 tanda peringatan hubungan emosional yang perlu Anda perhatikan:

1. Merasa lebih dekat orang lain

Alih-alih bertahan dan berjuang di masa yang sulit bersama pasangan, kita justru lebih tergoda untuk melalui waktu-waktu ini bersama dengan orang lain. Berbagi perasaan dengan teman untuk bergabung ke dalam perasaan pernikahan Anda merupakan tanda perselingkuhan emosional. Melalui bukunya, Sheri Stritof menulis, “Dalam hubungan emosional, seseorang merasa lebih dekat dengan pihak lain dan mungkin mengalami peningkatan ketegangan atau chemistry seksual.”

2. Rahasia

“Setiap bagian dari kehidupan seseorang yang pada dasarnya dirahasiakan dari pasangan berbahaya bagi kepercayaan di antara kita,” tulis Sheri Stritof. “Salah satu perbedaan persahabatan dan perselingkuhan emosional adalah terdapat rahasia dalam perselingkuhan emosional.”

Menyembunyikan atau menghapus pesan teks, menutup ponsel atau laptop saat pasangan melihat layar Anda tiba-tiba, hingga meluangkan waktu ekstra bersama “teman” tanpa sepengetahuan pasangan Anda adalah salah satu peringatan kuat tentang perselingkuhan emosional.

3. Menghabiskan waktu lebih sedikit dengan pasangan

Memisahkan diri dengan pasangan dan menghabiskan waktu lebih banyak bersama orang lain membuat kehidupan pernikahan menjadi tidak seimbang. Seiring berjalannya waktu, perasaan kurang terhubung dengan pasangan tidak bisa dihindari apabila kita tidak menghabiskan banyak waktu bersamanya. Hal tersebut dapat meninggalkan lubang besar yang menganga untuk diisi oleh orang lain.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami