Rumah Sempit Gak Bisa Workout, Coba 10 Exercise Ini di Tempat Tidur

Health / 12 January 2022

Kalangan Sendiri

Rumah Sempit Gak Bisa Workout, Coba 10 Exercise Ini di Tempat Tidur

Lori Official Writer
710

Tinggal di perkotaan menuntut pekerja muda tinggal di apartemen beruang minimalis. Ruangan yang terbatas membuat sebagian besar pekerja sulit melakukan work out di rumah secara mandiri. 

Tentunya kondisi ini bisa jadi alasan bagi sebagian orang untuk malas berolahraga.

Tapi dengan cara ini, ruang sempit tak lagi jadi hambatan bagi siapapun yang ingin tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, yaitu berolahraga di tempat tidur. 

Berolahraga di tempat tidur menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang tidak punya ruang yang cukup untuk workout di rumah. 

Berikut 10 exercise yang bisa Anda lakukan di tempat tidur. 

1. Peregangan Otot

 

Exercise seperti peregangan berfungsi sebagai latihan pemanasan pada otot dan juga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan. 

Cobalah beberapa peregangan ringan ini selama tiga hingga empat kali:

1. Peregangan di atas kepala

 Lakukan gerakan merentangkan tangan di atas kepala dan mengarahkan atau melenturkan jari-jari kaki.

2. Peregangan lutut dan dada

Lakukan dengan posisi berbaring, kedua lutut dengan posisi menekuk. Lalu gerakan satu lutut ke arah dada dan tahan sebentar, lalu lalu pertahankan lutut lainnya. Tahan sebentar sebelum melakukannya secara bergantian.

3. Peregangan punggung atas 

Lakukan gerakan merapatkan kedua tangan dan merentangkan tangan ke depan setinggi bahu. Miringkan kepala sedikit ke bawah agar punggung bisa ditekuk ke bawah.

4. Peregangan hamstring (tiga otot di bagian belakang paha)

Lakukan dengan membentangkan otot di bagian belakang paha. Pegang salah satu kaki dan tarik ke depan, luruskan sebisa mungkin sementara kaki lain tetap datar atau ditekuk di tempat tidur. Tahan sebentar sebelum melakukannya secara bergantian.

 

2. Gerakan Dinamis

 

Gerakan ini meliputi gerakan sederhana di bagian tubuh tertentu. Lakukan 3 gerakan ini dengan posisi duduk di tempat tidur.

1. Menekuk Lutut

Gerakan ini berguna untuk melatih punggung bawah. Caranya, mulai dengan meregangkan lutut ke dada dengan kedua kaki. Sementara kedua tangan rentangkan ke kiri dan kanan dengan posisi lurus. 

Tekuk lutut secara bergantian. Tahan bahu tetap berada di tempat tidur. Ulangi gerakan ini selama tiga hingga empat kali.

2. Rotasi batang

Ambil posisi duduk di tempat tidur dengan kaki sejajar. Atur bahu dan punggung dengan posisi santai. Kepal kedua tangan dan putarkan tubuh bagian atas ke satu sisi senyaman mungkin. Lalu kembali lakukan bergantian di sisi yang lain. Ulangi gerakan ini sebanyak enam hingga delapan kali. Gerakan ini berfungsi untuk merelaksasi bagian punggung yang kaku karena tidur.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami