Alasan Kenapa Kita Harus Mengenalkan Cerita Alkitab Kepada Anak Batita

Alasan Kenapa Kita Harus Mengenalkan Cerita Alkitab Kepada Anak Batita

Contasia Christie Official Writer
419

Dalam pertumbuhannya, seorang anak memerlukan orang dewasa untuk membantunya tumbuh. Dalam tahap umur batita (bawah 3 tahun), ialah 1- 3 tahun. Batita biasanya telah mampu berjalan dan senang belajar hal baru lewat lingkungan kesehariannya.

Umur ini berada dalam masa yang disebut animisme, ialah fase di mana dia mempunyai ketertarikan pada benda mati dan menganggapnya sebagai makhluk hidup. Menurut tokoh psikologi, Jean Piaget hal ini terjadi lantaran perkembangan kemampuan kognitif anak usia batita yang demikian pesat.

Oleh sebab itu, jika orangtua berencana memperkenalkan firman Tuhan lewat cerita Alkitab dapat dimulai pada umur ini.

Cerita Alkitab yang dianjurkan, adalah:

1.       Cerita Bahtera Nuh.

Kita dapat menggunakan aneka boneka fauna serta manusia untuk menceritakan. Boleh juga menggunakan boneka tangan yang sekarang ini sering dipakai sebagai perlengkapan peraga di sekolah minggu. Dalam penceritaan, gunakanlah ekspresi wajah yang berbeda mewakili suasana hati para tokoh serta suara yang naik turun intonasinya mengikuti alur cerita.

 

BACA JUGA: 4 Channel YouTube Ini, Bantu Para Orangtua Didik Anak Semakin Pintar!

 

2.       Cerita Adam dan Hawa.

Titik tolak cerita ini merupakan penciptaan. Penceritaan kasih Tuhan untuk dunia ini serta segala isinya dapat diawali dengan menceritakan tentang terang dan gelap, pagi dan malam, matahari dan bulan. Pakailah pengalaman anak dikala tamasya di alam, seperti: laut, pegunungan, tepi laut, peternakan, pertanian, desa, kota, serta sebagainya sebagai jalan menceritakan bermacam- macam ciptaan Tuhan. Jangan lupa orangtua dapat sekaligus memperkenalkan nama aneka buah- buahan dari mainan buah- buahan yang dibuat dari plastik.

Dengan menggambarkan cerita Alkitab diharapkan anak makin bertumbuh baik secara kognitif serta psikisnya. Karena kepekaan dan kecerdasan anak makin terasah, terisi oleh Firman Tuhan. Nah, bagi orangtua yang rindu anaknya jadi generasi anak yang baik kepribadian serta rohaninya, siap mendongeng untuk anak Anda?

Jika Anda belum memiliki materi pembelajaran yang bisa mengenalkan mereka pada Kristus dan meningkatkan iman kepercayaan mereka, Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan klik di bawah ini.

SAYA MAU

Halaman :
1

Ikuti Kami