Penampakan Istana Ibu Kota Baru yang akan Dibangun Mulai 2022

News / 5 January 2022

Kalangan Sendiri

Penampakan Istana Ibu Kota Baru yang akan Dibangun Mulai 2022

Aprita L Ekanaru Official Writer
1150

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada tahun 2024 sudah santer terdengar beberapa tahun belakangan ini. Bahkan saat ini, rancangan istana ibu kota baru sudah final oleh Nyoman Nuarta.

Nyoman mengatakan desain Istana di IKN sudah selesai dan disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari hasil pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

"Desain ISTANA IKN, yg telah final disambut dgn sukacita, dan telah disetujui Presiden," kata Nyoman di Instagramnya @nyoman_nuarta, Selasa (4/1/2022).

Di Instagramnya, Nyoman telah membagikan 3 unggahan gambar Kawasan Istana Kepresidenan yang tampak megah diantara perbukitan. Bangunan Istana Kepresidenan didominasi oleh hamparan rumput dan pepohonan di setiap sisi bangunannya, dirancang menyatu dengan alam bernuansa hijau di ibu kota baru.

 

BACA JUGA: Ibu Kota Baru Resmi Diberi Nama Nusantara! Ini Alasan & Makna di Balik Nama “NUSANTARA"

 

"Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana MERDEKA tgl 3 januari,bersama Mensesneg ,Men PUPR, dan Ibu Dirjen Cipta Karya.Terimakasih atas segala dukungannya untuk dapat meciptakan karya orisinil.yg tidak di pengaruhi kaidah2 arsitek konial," tambah Nyoman.

Unggahan gambar Kawasan Istana Kepresidenan rancangan Nyoman juga mendapat banyak pujian dari netizen, seperti: "Terima kasih pak nyoman, karya nya bagus" (@redoyudha), "Sumpah keren banget karyanya pak Nyoman Nuarta.." (@nully_75), selain itu tertangkap juga komentar dari artis kawakan yang juga sudah terjun di dunia politik, Tantowi Yahya melalui akun Instagramnya @tantowiyahyaofficial, "Sangat megah. Desain yang modern dan fungsional yang berangkat dari nilai2 lokal. Kita, rakyat Indonesia pasti akan bangga ketika IKN ini terwujud nantinya. Bangga punya seniman spt Pak Nyoman Nuarta."

Dilansir dari detik.com, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebelumnya mengatakan Presiden Jokowi bisa melaksanakan peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 di ibu kota negara baru.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami