Fakta Alkitab: Benarkah Tahun Baru Bangsa Yahudi Jatuh Pada Bulan Ke-7?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 31 December 2021

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Benarkah Tahun Baru Bangsa Yahudi Jatuh Pada Bulan Ke-7?

Claudia Jessica Official Writer
7111

Cara merayakan Rosh Hashanah

Perayaan tahun baru Yahudi atau Rosh Hashana dirayakan dengan meriah dan penuh khidmat. Salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Yahudi untuk merayakan hari raya ini ialah memakan roti yang dicelupkan pada madu sebagai simbol untuk tahun baru yang baik, yang manis dan bahagia. Selain itu, di hari raya ini orang Yahudi juga akan mempersembahkan korban dan segala pekerjaan berat akan dihentikan.

Ciri khas lainnya dalam perayaan Rosh Hashana adalah ditiupnya shofar atau serunai di sinagoge (Imamat 23:23-24). Peniupan shofar ini merujuk kepada tradisi mengenai peristiwa pengikatan Ishak untuk dikorbankan, dimana Allah menyediakan Anak Domba-Nya menggantikan posisi Ishak untuk dikorbankan. Dalam Kejadian 22:13, menulis tanduk domba yang tersangkut belukar. Kata “tanduk” menjadi bahan untuk membuat “terompet/serunai” dari tanduk domba.

Jadi “tanduk” (shofar) dari domba, yang ditiupkan itu sebagai tanda bahwa Allah menyediakan keselamatan dan korban pengampunan dosa, sehingga Ishak tetap hidup dan tidak dijadikan korban.

 

Desember 2021 tahun ke-5782 Kalender Ibrani

Tahun pertama kalender Ibrani dipercayai dimulai pada tahun 3761 Sebelum Masehi yang dianggap sebagai tahun penciptaan Adam. Perhitungan ini berdasar penelusuran di dalam naskah masoret yang kemudian dihitung oleh Rabi Jose ben Halafta dan dicatat ke dalam sebuah naskah bernama Seder Olam Rabbah (Tatanan Agung Jagad Raya) pada tahun 160 Masehi. 

Jika Kalender Gregorian saat ini menginjak tahun 2021, dan ditambah atau digabungkan dengan tahun pertama Kalender Ibrani 3761 sebelum Masehi, maka saat ini (31 Desember 2021) dalam perhitungan kalender Yahudi menunjukan tahun ke-5782.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami