Fakta Alkitab: Benarkah Tahun Baru Bangsa Yahudi Jatuh Pada Bulan Ke-7?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 31 December 2021

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Benarkah Tahun Baru Bangsa Yahudi Jatuh Pada Bulan Ke-7?

Claudia Jessica Official Writer
6965

Hari-hari raya bangsa Yahudi

Dalam Alkitab, bangsa Israel umat pilihan Allah memiliki banyak hari raya. Diantaranya ialah Hari Sabat (Imamat 23:1-3), Hari Raya Paskah (Kel. 12:1-13), Hari Raya Roti Tidak Beragi (Kel. 12:14-20), Hari Raya Pondok Daud (Im. 23:33-43), Hari Raya Pentakosta (Im. 23:15-16), Hari Raya Perdamaian (Im. 23:26-27), dan Hari Raya Pentahbisan Bait Allah (Yoh. 10:22-23).

Hari-hari raya pada umumnya diadakan di Bait Suci, atau rumah-rumah ibadat atau sinagoge, dan pada hari-hari raya tertentu, orang Yahudi memperingatinya dengan mempersembahkan korban-korban atau persembahan.

Hari-hari raya orang Israel juga muncul dalam Perjanjian Baru, dalam singgungan orang-orang Yahudi. Namun Ibrani 10:1-18 menuliskan bahwa semua hari raya sudah digenapi di dalam Tuhan Yesus, sehingga hal ini tidak mengikat orang Kristen untuk merayakannya. Kendati demikian kita perlu mengetahui dan mengerti latar belakang dan makna hari raya tersebut dan penggenapannya di dalam Yesus.

 

Tahun Baru Yahudi

Rosh Hashanah, adalah salah satu hari besar bagi bangsa Israel atau kaum Yahudi dan biasanya dikatakan sebagai “Tahun Baru Yahudi.” Referensi tentang perayaan Rosh Hashanah terdapat dalam Keluaran 12:2, “Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.”

Rosh Hashanah dipercayai juga sebagai hari Sabat pertama pada saat penciptaan dunia. Selain memperingati hari penciptaan alam raya, Rosh Hashanah juga diperingati sebagai hari kiamat.

Hari raya Rosh Hashanah sering disebut sebagai Yom Teruah atau Hari Meniup Shofar. Peringatan Rosh Hashanah ini dilakukan di bulan Tishri, atau bulan ketujuh di kalender Yahudi.

Menarik memang bahwa perayaan Awal Tahun justru dirayakan pada bulan ke-7 atau bulan Tishri, yaitu Hari Raya Sangkakala/ Hari Peniupan Serunai (Bilangan 29:1). Hal ini mungkin karena kalimat “hari pertama bulan Tishri” dalam bahasa Ibrani dapat dihubungkan dengan kalimat “pada mulanya.” Inilah kemungkinan banyak ahli mengartikan bahwa ada indikasi penciptaan dunia terjadi pada awal bulan Tishri. Kesimpulan ini adalah hasil penelitian para Rabbi dengan menggunakan berbagai metode. Dalam kalender Georgian, bulan Tishri terjadi antara bulan September dan Oktober.

 

Cara merayakan Rosh Hashanah

 

Baca di halaman selanjutnya à

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami