Sebelum Mulai Investasi, Anda Harus Tahu Apa Itu Alokasi Aset Lebih Dulu
Sumber: portalinvestasi.com

Finance / 8 May 2023

Kalangan Sendiri

Sebelum Mulai Investasi, Anda Harus Tahu Apa Itu Alokasi Aset Lebih Dulu

Claudia Jessica Official Writer
3675

Pada dasarnya, investasi adalah kegiatan personal. Investasi satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda. Sekalipun seseorang meniru metode investasi orang lain, namun hasilnya bisa saja berbeda.

Salah satu faktornya adalah alokasi aset antar investor. Alokasi adalah pembagian dana investasi ke beberapa instrument yang berbeda atau instrument yang sama dengan kategori yang berbeda. Misalnya seperti saham, instrumen pasar uang, obligasi, dan lain-lain sebagainya.

Alokasi aset bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan sekaligus mengelola risiko. Hal ini dikarenakan alokasi aset memang bertujuan sebagai tindakan penanganan apabila suatu investasi mengalami kerugian, maka investasi lain akan menutup kerugian tersebut.

 

BACA JUGA: Ingin Berinvestasi? Lihat 5 Aturan Utama ala Warren Buffett!

 

Setiap jenis aset (asset class) tentu memiliki profil hasil dan risiko yang berbeda karena setiap aset memiliki keunikannya tersendiri. Misalnya, ketika suatu nilai aset mengalami kenaikan, aset lainnya mungkin saja mengalami penurunan nilai atau mungkin mengalami kenaikan juga.

Penentuan komposisi aset merupakan proses yang unik bagi setiap investor dan pas atau tidaknya pengalokasian tergantung pada waktu investasi dan toleransi investor terhadap risiko.

Jenis-jenis alokasi aset

1. Saham

Saham biasanya memberikan hasil yang paling tinggi sekaligus risiko yang besar bagi investor. Cocok untuk investasi jangka panjang.

 

BACA JUGA: 8 Prinsip Investasi yang Diajarkan Alkitab (Part I)

 

2. Obligasi

Pergerakan jenis aset yang satu ini biasanya tidak terlalu fluktuatif jika dibandingkan dengan saham. Namun hasil diberikan tentu jadi lebih rendah jika dibandingkan dengan saham.

Rendahnya risiko obligasi biasanya membuat para investor yang sudah mencapai tujuan investasi cenderung memilihnya. Kendati demikian, ada juga obligasi yang memberikan hasil yang tinggi seperti saham. Cocok untuk investasi jangka pendek.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

3. Pasar uang

Pasar uang adalah jenis aset yang memiliki risiko paling rendah dan aman dibandingkan dengan saham dengan obligasi. Namun, semakin rendah risikonya, tentu keuntungan yang ditawarkan juga semakin rendah. Cocok untuk investasi jangka pendek.

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu alokasi aset, salah satunya adalah usia. Biasanya semakin muda usia, perjalanan hidup cenderung lebih panjang sehingga tujuan jangka panjang pun semakin banyak.

Investasi jangka panjang biasanya mencakup biaya pendidikan anak di masa depan, pensiun, membangun usaha, dan lain-lain.

Sebaliknya, semakin tua usia maka semakin sedikit tujuan jangka panjangnya. Semakin usia bertambah, kebutuhan jangka pendek pun semakin banyak.

Investasi jangka pendek biasanya mencakup biaya untuk menikah, beli rumah, beli mobil, liburan keluarga, biaya pendidikan anak jenjang tinggi, kebutuhan sehari-hari hingga distribusi kekayaan.

Selain usia, biasanya alokasi aset juga memiliki beberapa faktor lain seperti kondisi ekonomi, profil risiko dan jam terbanginvestor, tujuan investasi, dan horizon investasi.

Alokasi aset adalah hal yang penting bagi investor agar tujuan investasi tercapai tepat waktu dan menjaga likuiditas. Ini adalah komponen penting dalam investasi dan menjadi penentu hasil.

Apabila Anda hendak berinvestasi, disarankan untuk berinvestasi lebih dari satu jenis aset guna meminimalisir kerugian dan membuat portofolio lebih stabil. Karena selalu ada kemungkinan untuk mengalami kerugian sehingga aset lain dapat menutupi kerugian tersebut.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami