Sebelum Mulai Investasi, Anda Harus Tahu Apa Itu Alokasi Aset Lebih Dulu
Sumber: portalinvestasi.com

Finance / 8 May 2023

Kalangan Sendiri

Sebelum Mulai Investasi, Anda Harus Tahu Apa Itu Alokasi Aset Lebih Dulu

Claudia Jessica Official Writer
3767

3. Pasar uang

Pasar uang adalah jenis aset yang memiliki risiko paling rendah dan aman dibandingkan dengan saham dengan obligasi. Namun, semakin rendah risikonya, tentu keuntungan yang ditawarkan juga semakin rendah. Cocok untuk investasi jangka pendek.

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu alokasi aset, salah satunya adalah usia. Biasanya semakin muda usia, perjalanan hidup cenderung lebih panjang sehingga tujuan jangka panjang pun semakin banyak.

Investasi jangka panjang biasanya mencakup biaya pendidikan anak di masa depan, pensiun, membangun usaha, dan lain-lain.

Sebaliknya, semakin tua usia maka semakin sedikit tujuan jangka panjangnya. Semakin usia bertambah, kebutuhan jangka pendek pun semakin banyak.

Investasi jangka pendek biasanya mencakup biaya untuk menikah, beli rumah, beli mobil, liburan keluarga, biaya pendidikan anak jenjang tinggi, kebutuhan sehari-hari hingga distribusi kekayaan.

Selain usia, biasanya alokasi aset juga memiliki beberapa faktor lain seperti kondisi ekonomi, profil risiko dan jam terbanginvestor, tujuan investasi, dan horizon investasi.

Alokasi aset adalah hal yang penting bagi investor agar tujuan investasi tercapai tepat waktu dan menjaga likuiditas. Ini adalah komponen penting dalam investasi dan menjadi penentu hasil.

Apabila Anda hendak berinvestasi, disarankan untuk berinvestasi lebih dari satu jenis aset guna meminimalisir kerugian dan membuat portofolio lebih stabil. Karena selalu ada kemungkinan untuk mengalami kerugian sehingga aset lain dapat menutupi kerugian tersebut.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami