Masuki Tahun Baru, 5 Hal Ini yang Wajib Jadi Agenda Pertamamu
Sumber: Jagran Josh

Kata Alkitab / 8 January 2023

Kalangan Sendiri

Masuki Tahun Baru, 5 Hal Ini yang Wajib Jadi Agenda Pertamamu

Lori Official Writer
7473

Menjelang tahun yang baru nanti, penting sekali untuk merenung sejenak dan merefleksi kembali perjalanan hidup serta pencapaian-pencapaian yang kita dapat sepanjang tahun yang lalu. Terkhusus untuk menyusun rencana-rencana baru yang akan kita jalani ke depan.

Kita tentu saja percaya bahwa Tuhan punya rencana besar untuk kita semua. Dia pasti akan menyediakan sesuatu yang belum pernah dilihat oleh mata dan yang belum pernah didengar oleh telinga serta yang belum pernah timbul di dalam hati kita sebelumnya (1 Korintus 2: 9).

 

Baca Juga : Lakukan 3 Hal Ini Supaya Resolusi 2017-mu Tercapai

 

Jadi supaya kita siap menerima hal-hal baru dari Tuhan, mari mengambil waktu untuk melakukan 5 hal ini:

1. Khususkan waktu untuk berdua bersama Tuhan dan berdoa

Sebelum menjalani 365 hari yang baru di tahun 2023 ini, mari lebih dulu mengutamakan waktu bersama dengan Tuhan dan berdoa. Kalau kita mau hidup kita lebih baik lagi di tahun ini, kita pun butuh Tuhan untuk menuntun kita pada destiny dari-Nya. Jadi, ambillah waktu untuk merenung dan berdoa.

 

2. Lupakan semua kegagalan masa lalu dan tataplah hari depan dengan penuh harapan

Kita nggak bisa menjamin hidup kita bebas masalah atau kita nggak bisa menentukan kalau nggak bakal ketemu kegagalan. Kalau pun di tahun sebelumnya ada begitu banyak kegagalan atau target-target yang nggak tercapai bukan berarti kamu harus berhenti membuat target yang baru di tahun ini. Lupakan semua kegagalan masa lalumu dan tataplah hari depan dengan harapan yang baru.

“Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.” (Yesaya 43: 18-19)

 

3. Cobalah hal-hal yang baru

Di Matius 9: 17, Yesus menekankan supaya kita membuang kantong kulit yang tua karena saat kita memasukkan anggur di dalamnya maka kantong itu bisa saja akan koyak sehingga anggur terbuang. Ayat ini mengingatkan kita supaya kita mencoba untuk keluar dari kebiasaan lama kita dan berani memulai hal-hal yang baru dan yang belum pernah kita lakukan. Misalnya, kalau sebelumnya kamu jarang olahraga mungkin tahun ini kamu harus prioritaskan berolahraga. Atau kalau kamu hanya fokus bekerja, mungkin bisa diselangi dengan traveling atau melakukan kegiatan lain yang bisa memperluas wawasan dan pengalamanmu.

Karena itu, mintalah ide dan kreatifitas yang baru dari Tuhan supaya semua rencanamu benar-benar sesuatu yang membawa terobosan baru dalam hidupmu tahun ini.

 

Baca Juga: Bukan Resolusi, Satu Hal Ini yang Mampu Mengubah Hidupmu!

 

4. Buatlah daftar doa utamamu sepanjang tahun ini

Doa adalah aspek yang begitu penting dalam kehidupan orang percaya. Karena dengan doalah Tuhan juga akan turut bekerja menjawab berbagai hal yang kamu butuhkan dalam hidup. Kalau di tahun sebelumnya ada beberapa list doamu yang sudah terjawab, maka teruslah berdoa dan mintalah campur tangan Tuhan untuk hal-hal besar yang akan kamu lakukan di tahun yang baru ini.

 

5. Introspeksi diri dan jadilah pribadi yang lebih baik

Nggak ada orang yang luput dari kesalahan atau kehilafan. Aku dan kamu juga begitu. Pasti dalam 365 hari yang sudah berlalu di belakang, ada banyak sikap dan perbuatan yang kurang berkenan di mata orang lain terlebih di mata Tuhan. Meskipun kita nggak sempurna, tapi kita patut bersyukur karena Tuhan masih memberikan kita waktu untuk memasuki tahun yang baru ini sebagai kesempatan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Baca Juga : Resolusi 2023: Melanjutkan Resolusi 2022 yang Belum Tercapai?

 

Jadi, ambillah waktu untuk mengintrospeksi diri. Kalaupun kamu masih punya rasa benci mulailah memaafkan. Kalau kamu melukai hati orang lain, mulailah dengan rendah hati meminta maaf lebih dulu. Jadikanlah hari pertama di tahun ini sebagai babak yang benar-benar baru yang dipenuhi hati yang bersih dan pikiran yang baru.

“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” (Ibrani 12: 1-2)

Dengan penuh rasa syukur dan sukacita, aku sekali lagi mengucapkan selamat Tahun Baru 2023 dan semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tuhan Yesus memberkati kita semua!

Sumber : CT | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami