9 Tradisi Unik Natal Dari Berbagai Negara, Yuk di Cek!
Sumber: kiwi.com

News / 20 December 2021

Kalangan Sendiri

9 Tradisi Unik Natal Dari Berbagai Negara, Yuk di Cek!

Lori Official Writer
6094

Jika Indonesia dengan berbagai suku dan budayanya membuat perayaan Natal dari satu daerah dengan daerah lainnya berbeda. Maka tak heran kalau di berbagai negara, perayaan Natal juga dipenuhi dengan beragam keunikannya.

Seperti dirangkum oleh Jawaban.com, berikut 9 diantaranya:

1. Dekorasi Pohon Natal Dari Sayur-sayuran, Amerika Serikat

 

Sayur-sayuran seperti wortel, mentimun merupakan bahan dasar dari pembuatan acar. Nah, uniknya bahan-bahan ini sendiri dibuat jadi dekorasi Natal di Amerika Serikat lho. 

Dari mana tradisi ini berasal? Jadi ceritanya, dekorasi acar Natal ini berasal dari Jerman sejak abad ke-16. Namun ada juga yang mengatakan jika tradisi tersebut berasal dari Spanyol dimana Santo Nicholas smenyelamatkan dua orang anak laki-laki dari penjara dengan memasukkan mereka ke dalam tong acar.

 

Baca Juga: Inilah Tradisi Natal di Kota Kelahiran Yesus

 

Siapa sangka banyak orang Amerika yang justru memakai dekorasi acar Natal ini. Biasanya mereka akan menggantungkan hiasan ini di rumah. Uniknya, keluarga-keluarga justru menjadikan acar Natal sebagai ajang lomba bagi anak-anak. Siapa yang menemukan acar yang tergantung ini maka mereka akan mendapatkan hadiah.

Unik ya!

2. Kentucky Untuk Natal, Jepang

Ayam goring Kentucky menjadi hidangan spesial saat perayaan Natal di Jepang. Tradisi ini dimulai sejak tahun 1974 ketika KFC melakukan promosi besar-besaran di negara tersebut. 

Walaupun Natal bukan hari libur Nasional di Jepang, namun diperkirakan sebanyak 3.6 juta orang Jepang datang untuk menyicipi ayam Kentucky ini setiap perayaan Natal.

 

Baca Juga: Tradisi Natal Makan KFC di Jepang Rupanya Diilhami Dari Kebohongan Pengusaha Ini

 

3. Eggnog, Inggris Raya

Berpegang pada tema makanan dan minuman Natal, eggnog adalah minuman tradisional, biasanya terbuat dari kuning telur, susu, rum atau wiski dan rempah-rempah.

Sejarah eggnog berasal dari Inggris sejak abad pertengahan. Hal ini diyakini sebagai bentuk variasi minuman lain yang disebut posset, yang merupakan campuran susu kental panas, bir atau anggur dan rempah-rempah. Lalu setelah berhasil sampai ke wilayah Atlantik, eggnog yang membantu untuk menghangatkan tubuh ini dikaitkan dengan Natal. Popularitas Eggnog pun terus menyebar hingga ke negara-negara bagian Amerika.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4. Batang Kayu Berlubang, Catalonia

Tio de Nadal atau logo Natal adalah tradisi unik di wilayah Catalonia, Spanyol. Batang kayu berlubang yang berhias wajah ini mirip seperti santa yang membawa hadiah-hadiah kecil. 

Setiap tanggal 8 Desember, warga Catalonia biasanya akan menutupi batang kayu dengan selimut supaya tetap hangat dan nyaman. Mereka bahkan memberi makan pahatan kayu ini. 

Lalu di malam Natal, pahatan kayu ini ditempatkan di dekat perapian rumah. Kemudian satu per satu anggota keluarga bergiliran memukulnya dengan tongkat. Setelah itu, pahatan akan mengeluarkan hadiah dan permen.

 

Baca Juga: Rayakan Natal Dengan Cara Berbeda, Berikut 9 Tradisi Natal Unik di Indonesia (Part 1)

 

5. Chichilaki, Georgia

Chichilaki merupakan jenis pohon Natal yang dibuat dari pohon kemiri atau kenari.

Biasanya warga Georgia akan memasang Chichilaki, patung pohon Natal ini saat perayaan Natal. Chichilaki berbentuk serabut kayu yang dihias seperti pohon Natal lalu diberi hiasan pelengkap seperti buah beri merah, buah kering dan permen tradisional Georgia.

6. Sepatu Roda Natal, Venezuela

Penduduk setempat di ibu kota Caracas, Venezuela punya tradisi Natal yang sangat unik yaitu mengenakan sepatu roda Natal. Sepatu roda ini menjadi moda transportasi yang sangat populer ketika merayakan acara khusus seperti Natal.

Mereka akan pergi ke Misa Natal beramai-ramai dengan mengenakan sepatu roda. Karena itu pemerintah akan menutup jalanan dari lalu lintas sepanjang hari. 

Setelah Misa Natal, biasanya keluarga akan menghabiskan hari untuk makan, bermain musik dan menari.

 

Baca Juga: Rayakan Natal Dengan Cara Berbeda, Berikut 9 Tradisi Natal Unik di Indonesia (Part 2)

 

7. 12 Pub Natal, Irlandia

Tradisi Natal Irlandia ini cukup menarik perhatian. Karena Natal di negara ini diadakan di sebuah pub yang dibuka selama minggu Natal. Meski begitu, pihak pengelola menetapkan aturan yang harus dipatuhi oleh setiap orang yang hadir.

Saat perayaan Natal, setiap orang akan berhias senorak mungkin. Semakin aneh penampilannya maka dianggap akan semakin menarik. Pilihan pakaiannya berupa sweater norak yang dihiasi dengan lonceng atau lampu kelap kelip. Di setiap sisi bar akan disuguhkan satu jenis minuman bagi pengunjung.

Uniknya, setiap pub yang merayakan Natal memiliki aturan masing-masing. Ada yang dilarang mengumpat, dilarang bicara dengan aksen asing, atau hanya diizinkan minum dengan tangan kiri. Hal inilah yang membuat perayaan Natal penuh dengan tantangan.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

8. Natal Dengan Suasana Tenang, Finlandia

Setiap tahunnya Finlandia merayakan Natal dengan suasana yang sangat tenang. Biasanya negara ini akan mengawali bulan Natal dengan pembacaan ‘Deklarasi Damai Natal’ yang berlangsung selama 20 hari.

Tradisi ini dimulai sejak tahun 1886 dan dibacakan di balkon Brinkkala Mansion dan saat ini disiarkan melalui televisi dan radio nasional. Selama Natal itulah warga Finlandia merayakan Natal dengan suasana yang teduh dan jauh dari keributan.

 

Baca Juga:

Inilah 5 Tradisi Unik Natal di Afrika (1)

Tradisi Natal di Korea Selatan Ternyata Bukan Perayaan Keagamaan Lho!

 

9. Ikan Mas di Bak Mandi, Republik Ceko

Ikan mas tawar menjadi primadona di meja makan orang-orang Ceko saat perayaan Natal. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa ikan ini menjadi spesial dan banyak diburu selama musim Natal.

Setelah membeli ikan mas di pasar, warga akan membawanya ke rumah. Setiba di rumah, ikan itu akan dimasukkan ke dalam bak mandi keluarga dan dibiarkan sampai Malam Natal. 

Bagi orang Ceko, mereka percaya bahwa semakin lama ikan mas dibiarkan hidup di dalam air bersih sebelum disantap, maka rasa ikan akan semakin enak. Wah, menarik ya!

Ternyata ada banyak tradisi Natal yang menarik ya. Bukan saja di Indonesia, kita juga bisa belajar menghargai perbedaan perayaan Natal dari berbagai belahan negara.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami