Petugas Kebersihan di Wisma Atlet Positif Omicron, Kemenkes: “Sudah Negatif”
Sumber: RAdio Edukasi

News / 16 December 2021

Kalangan Sendiri

Petugas Kebersihan di Wisma Atlet Positif Omicron, Kemenkes: “Sudah Negatif”

Claudia Jessica Official Writer
1326

Untuk pertama kalinya virus varian baru covid-19, omicron terdeteksi di Indonesia pada hari Rabu (15/12/2021) malam. Diumumkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikit, pasien pertama dikatakan berlokasi di Wisma Atlet Jakarta.

“Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirm Omicron pada 15 Desember 2021. Data-data sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing omicron,” kata Budi kepada wartawan, Kamis (16/12/2021) sebagaimana dikutip dari Cnnindonesia.com.

N adalah salah satu petugas kebersihan di Wisma Atlet. Pada 8 Desember 2021, sample rutin yang diambil di wisma atlet, dikirimkan ke Kemenkes dan Whole Genome Sequence (WGS).

“Kami terima 10 Desember dan kami lihat ada 3 pekerja pembersih di Wisma atlet positif PCR, tapi positif Omicron 1 orang,” ungkap Budi.

Tiga pekerja di Wisma Atlet dinyatakan positif covid-19 dan salah satu diantaranya positif omicron.

“Jadi ada 3 pekerja pembersih di Wisma Atlet, positif PCR, dikirim ke Balitbangkes untuk WGS dan tanggal 11 Desember, hasilnya 1 dari 3 positif omicron, yang duanya tidak,” tambahnya.

Kendati demikian, Budi menjelaskan bahwa ketiga pasien ini terinfeksi covid-19 tanpa menunjukkan gejala. Bahkan mereka terlihat sehat dan tidak merasa demam ataupun batuk. Setelah dinyatakan positif pada 8 Desember, ketiga pasien tersebut kembali melakukan tes PCR kedua.

BACA JUGA: Biar Liburan Jauh Dari Virus Omicron, Yuk Patuhi 6 Aturan Ini…

 

“Karena tes pertama 8 Desember (positif), dan tes PCR kedua sudah negatif,” pungkas Budi.

Selanjutnya, Budi memastikan bahwa pasien yang positif covid dan omicron itu sudah negatif semua setelah kembali dites PCR kedua.

“Ketiga pasien ini dikarantina di Wisma atlet tanpa gejala, mereka sudah diambil PCR kedua dan hasilnya negatif semua,” tuturnya.

Selain ketiga pasien ini, Kemenkes telah mendeteksi 5 orang yang memiliki kemungkinan Omicron. Dua kasus diantaranya adalah WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat (AS) dan tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet.

Sementara tiga lainnya adalah WNA China di Manado dan tengah menjalani isolasi.

“Sekali lagi 5 orang ini masih probable karena baru dites PCR dengan marker khusus, dan sampelnya sedang dikirim ke balitbangkes. Kita harap 3 hari ke depan sudah keluar hasilnya. Itu update terakhir kasus Omicron,” demikian Budi.

Mari kita doakan agar setiap pasien maupun orang-orang dengan probable Omicron untuk tetap kuat dan dapat segera pulih. Kita juga berdoa agar pandemi di Indonesia ini dapat segera berlalu dan Indonesia pulih seperti sedia kala.

 

BACA JUGA: Bersiap Hadapi Gelombang Ke-3, Menkes Siapkan Obat Covid-19 di RI Akhir Tahun

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami