Inilah Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes
Sumber: canva

Health / 16 December 2021

Kalangan Sendiri

Inilah Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Claudia Jessica Official Writer
2712

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah, tidak seperti sayuran lain yang mengandung karbohidrat tinggi dan indeks glikemik yang tinggi. Antioksidan yang terdapat dalam sayuran hijau dapat membantu mata dari degenerasi makula dan katarak. Kedua kondisi ini adalah penyakit gangguan penglihatan yang kerap diderita oleh penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau tersebut dalam bentuk lalapan, campuran salad, sup, tumisan, dan sebagainya.

 

BACA JUGA: Benar Gak Sih Makan Buah-buahan Bisa Sebabkan Diabetes?

 

4. Kacang-kacangan

Kacang bisa dijadikan pilihan sebagai camilan yang aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Kaya akan serat dan protein, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Maka dari itu, kacang membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi glukosa sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Selain itu, kacang juga kaya akan magnesium yang berperan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Beberapa pilihan kacang yang menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes adalah kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang pistachio, kacang kedelai, kacang tanah untuk diabetes, dan kacang merah. Namun karena kacang mengandung kalori tinggi, maka jangan sampai mengkonsumsi kacang berlebihan karena dapat menaikkan berat badan yang menjadi salah satu penyebab diabetes.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami