Waspada Liburan ke 2 Tempat Wisata Populer Indonesia Ini Ya!
Sumber: Idn Times

News / 15 December 2021

Kalangan Sendiri

Waspada Liburan ke 2 Tempat Wisata Populer Indonesia Ini Ya!

Lori Official Writer
4042

Liburan sudah di depan mata. Sebagian dari Anda mungkin sudah merencanakan liburan ke berbagai tempat pilihan di tanah air.

Nah supaya tetap aman dan selamat sepanjang liburan, Anda perlu tahu informasi terbaru yang terjadi. 

Menyusul berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia, alangkah baiknya jika Anda kembali meninjau liburan ke beberapa tujuan wisata ini termasuk tempat populer seperti Bali dan Labuan Bajo. Kenapa ya?

Yuk cari tahu di bawah ini:

 

NUSA PENIDA, BALI

Tingginya curah hujan belakangan ini rupanya menyebabkan wisata populer Indonesia ini terdampak. Sejak awal Desember 2021, banjir melanda sejumlah wilayah di Bali.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung menyampaikan bahwa wisata populer Kecamatan Nusa Penida tengah terendam banjir bandang. 

 

Baca Juga: 

Lagi Liburan ke Bali? Jangan Lupa Mampir ke Dua Desa Kristen Ini Ya..

Liburan Ke Bali Pertama Banget?Jangan Lupa Singgah Ke Nusa Penida. Wisatanya Keren Banget!

 

Meski akses umum sudah dibuka, namun dampak curah hujan terhadap daerah ini terbilang besar. Sebanyak enam desa di Kecamatan Nusa Penida diterjang banjir bandang. Keenam desa tersebut diantaranya Desa Suana, Desa Kutampi, Desa Batununggal, Desa Ped, Desa Batumadeg, Desa Sakti dan Desa Lembongan.

Desa Ped sendiri merupakan wilayah yang paling parah terdampak banjir bandang. Karena banyak jalan utama tergerus banjir. Hal ini juga yang menyebabkan akses menuju objek wisata Crystal Bay Beach di Desa Sakti terkendala. Bahkan kondisi Pantai Crystal Bay porak poranda pasca banjir.

Informasi terakhir disampaikan bahwa pemerintah setempat, melalui Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa Nusa Penida masuk dalam status transisi pemulihan darurat yang akan berlangsung selama 30 hari ke depan. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Itu artinya sepanjang bulan Desember 2021 ini, wisata Nusa Penida tidak bisa beroperasi secara maksimal. 

 

LABUAN BAJO, MANGGARAI BARAT

Pada Selasa, 14 Desember 2021, wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami gempa bumi magnitude 7.4. 

Gempa ini pun sampai terasa ke tempat wisata Labuan Majo, Manggarai Barat. Gempa tersebut juga turut dirasakan oleh para wisatawan yang tengah berlibur. Sehingga mereka sempat merasa takut dan panik.

Berdasarkan data sumber gempa, telak Labuan Bajo, Manggarai Barat berada cukup dekat dengan sumber gempa sesar naik Flores atau patahan naik Flores tersebut. 

Bahkan wilayah ini diprediksi bisa mengalami gempa zona Megathrust segmen Sumba sebesar 8.3 magnitudo.

Sementara berdasarkan sejarahnya, pantai pesisir Labuan Bajo pernah tercatat dua kali mengalami tsunami yaitu pada 28 November 1836 dan 14 April 1855.

 

Baca Juga:

Labuan Bajo Bakal Punya Patung Kristus Raja Tertinggi di NTT Loh! Begini Pesonanya…

Karnaval Budaya Labuan Bajo Jadi Ajang Perkenalkan Destinasi Wisata Kristen Ini

 

Berdasarkan prediksi gempa kegempaan ini, wisata populer Labuan Bajo dalam waktu ke depan akan mendapatkan pengawalan dalam bentuk mitigasi bencana sebagai upaya pencegahan, apalagi karena wilayah tersebut merupakan tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain dari dua wisata di atas, kita juga tahu bahwa destinasi wisata alam Gunung Semeru di Jawa Timur dan Gunung Merapi di Yogyakarta tengah dalam kondisi siaga. Jadi, sangat diharapkan supaya masyarakat Indonesia yang akan berencana untuk liburan bisa menghindari tempat-tempat yang dinyatakan rawan bencana. 

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk selalu update terhadap informasi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini penting guna menjamin keselamatan selama menjalani liburan Natal dan Tahun Baru 2022. 

Selamat merencanakan liburan. Jika kondisi memang tidak memungkinkan untuk liburan ke luar kota, cobalah merayakan akhir tahun bersama keluarga di rumah dengan berbagai kegiatan menarik berikut.

 

Baca Juga:

Staycation Jadi Pilihan Liburan Dikala Pandemi, Catat 8 Tips Ini!

Teruntuk Single Parent, Ini 5 Tips Rayakan Natal Berkesan Bersama Buah Hati

Gak Bisa Liburan? Mending Lakukan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini Selama #DiRumahAja

 

Gak Bisa Kemana-mana, Seru-seruin Natal Bareng Keluarga Dengan Cara Ini Yuk

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami