5 Tips Bijak Atur THR Anda Biar Gak Tekor

5 Tips Bijak Atur THR Anda Biar Gak Tekor

Theresia Karo Karo Official Writer
4453

Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya diterima oleh para pekerja atau karyawan menjelang hari raya atau hari besar keagamaan. Meskipun gaji yang didapat bertambah jumlahnya, pengeluaran jelang hari raya juga turut membengkak.

Alasannya adalah, pengeluaran saat menjelang hari raya biasanya termasuk untuk membuat persiapan seperti makanan di hari raya, sedekah, THR bagi para pekerja di rumah, biaya mudik, bingkisan hari raya, amplop untuk sanak saudara, dan lainnya.

Menjelang hari raya, banyak sekali pengeluaran yang harus dilakukan. Berikut strategi mengatur keuangan agar tidak tekor pasca Natal dan Tahun Baru:

1. Jangan Berharap Hanya dari THR

Mulai melakukan perencanaan keuangan yang dibutuhkan untuk keperluan hari raya sejak sebelumnya, tidak hanya berharap dari THR kantor. Lebih baik bila dana hari raya dimasukkan dalam anggaran tahunan. Sisihkan pendapatan bulanan, mungkin 5-10 persen setiap bulannya.

2. Berhemat

Baju baru, peralatan masak baru atau perlengkapan lainnya apa benar anda perlukan? Sesuaikan kebutuhan yang benar-benar mendesak. Bila memang perlu, pertimbangkan pula dengan tingkat kemampuan membeli anda.

 

 

Baca Juga: Tips Mengelola Bonus Dan THR

 

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Aktifitas ini tentu menyenangkan terutama bagi para wanita, tetapi bijaklah saat anda memilih barang yang akan dibeli. Pertama tentukan anggaran belanja, usahakan agar tidak lebih dari anggaran yang telah ditetapkan. Lebih baik dengan membuat daftar belanjaan, sehingga menjauhkan anda dari membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Terakhir, bawa uang tunai seperlunya, bila memungkinkan hindari membawa kartu ATM, kartu debit, atau kartu kredit.

4. Jangan Gunakan THR

Maksudnya adalah pisahkan THR dari dana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. THR digunakan hanya sebagai sumber dana untuk membiayai belanja yang timbul untuk hari raya saja.

5. Perencanaan Mudik

Buat perencanaan dana untuk keperluan mudik, mulai dari transport yang sesuai kemampuan. Apakah akan menggunakan pesawat, kereta api, bis atau kapal laut. Selanjutnya, bila pulang kampung, budaya membawa oleh-oleh juga menjadi kebutuhan. Tentukan budget untuk membeli hadiah untuk saudara dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Tips Kelola THR dengan Bijak

 

Bila tidak diatur dengan cermat, bukan hanya THR yang akan habis tetapi juga bisa menumpuk utang. Mulailah perencanaan untuk mengatur keuangan anda untuk kebutuhan hari raya.

Sumber : Fimela/Mywealth.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami