Biar Anak Tumbuh Baik dan Diterima Lingkungan Sosial, Ajari Soal Etika Sejak Dini
Sumber: jawaban.com

Relationship / 8 December 2021

Kalangan Sendiri

Biar Anak Tumbuh Baik dan Diterima Lingkungan Sosial, Ajari Soal Etika Sejak Dini

Claudia Jessica Official Writer
2948

4. Belajar mengikuti peraturan

Ada banyak tempat umum yang membuat peraturan demi ketertiban bersama. Peraturan tersebut dibuat bukan untuk dilanggar. Salah satu contohnya adalah mengantri. Meski kegiatan ini membosankan, namun peraturan mengantri dibuat untuk kenyamanan bersama. Bayangkan jika Anda telah mengantri lama lalu tiba-tiba ada orang lain yang memotong antrian Anda. Menjengkelkan bukan? Jangan sampai anakmu kelak menjadi salah satu dari orang suka memotong antrian dan membuat orang lain kesal.

5. Menghargai orang lain

Anak-anak suka sekali bercanda. Jangan lupa untuk ajarkan anak Anda bahwa bercaan memiliki batas tertentu dan jangan sampai temannya merasa tidak nyaman atau tersinggung karena perbuatannya.

Beritahu juga bahwa kita tidak bisa melakukan kontak fisik seperti memeluk, menyentuh bagian tubuh tanpa izin, apa lagi sampai memukulnya. Selain kontak fisik, kita harus mengingatkannya untuk tidak berkata sembarangan. Jangan sampai mengejek teman dengan sebutan buruk atau tentang kondisi fisiknya. Ajari anak untuk menjaga ucapannya agar orang lain akan menghargai kita.

6. Tidak menyela saat orang lain bicara

Katakan saja dengan jujur bahwa tindakan seperti itu tidak sopan dan tidak baik. Jika ingin ikut berbicara, sebaiknya tunggu hingga orang lain berhenti bicara. Namun seandainya ada hal penting yang tidak bisa menunggu, sebaiknya awali dengan permintaan maaf telah menyela pembicaraan mereka.

Anak-anak seringkali dipandang sebelah mata karena dianggap tidak tahu apa-apa. Justru karena itulah, sebagai orang tua, kita adalah sosok yang harus mengajarkan anak tentang nilai-nilai kehidupan seperti itu sejak dini. Akan sangat sulit mendidik anak ketika dia sudah tumbuh besar.  Mendidik anak akan lebih mudah ketika mereka dapat melihat contoh dari sosok orang tua yang dekat dengan mereka.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami